Settia

Garuda Dipimpin “Orang Digital”

EDITOR.ID, Jakarta,- Pemerintahan Joko Widodo benar-benar memandang serius soal perubahan dunia ke industri Revolusi Digital 4.0 dimana dunia menjalankan robotik yang serba terkoneksi dan automation. Terbukti pemerintah mempercayakan “sosok orang digital” (baca: profesional IT engineer) sebagai nahkoda baru PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA).

Dia adalah Irfan Setiaputra. Sosok profesional yang baru saja ditunjuk pemerintah sebagai Direktur Utama Garuda. Dari jejak rekam digital masa lalunya, lulusan Sarjana Teknik Informatika ITB angkatan 1989 ini menghabiskan karir hidupnya malang melintang dan teguh pada ilmunya yakni pengembangan di dunia IT.

Ia adalah sosok profesional IT yang punya jam terbang tinggi di bidang digitalisasi. Apakah nantinya Garuda juga akan menuju maskapai yang dibangun dengan sistem digitalisasi dan terkoneksi secara global? Kita tunggu saja.

Yenny Wahid

Fenomena menarik lainnya dalam perombakan Garuda adalah masuknya dua tokoh nasional, Yenny Wahid yang juga putri Alm KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) dan Peter Gontha. Kedua publik figur ini masuk dalam jajaran komisaris menggantikan pejabat komisaris sebelumnya.

Peter F Gontha sebelumnya adalah Duta Besar Polandia. Ia sosok multi talenta namun punya jejak rekam sebagai IT Akuntansi dan Financial Engineering. Kiprahnya di industri keuangan dan perusahaan besar tak diragukan lagi. Ia pernah menjabat petinggi di Citibank dan American Standard Bank. Bahkan Peter bukan orang baru di Garuda karena beliau pernah ada di Garuda sebagai Komisaris.

Peter F Gontha

Selain kedua tokoh nasional itu, melalui RUPSLB, Kementrian BUMN mewakili pemerintah juga memberi posisi kepada mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama maskapai BUMN tersebut. Ia menggantikan Komisaris Utama sebelumnya Sahala Lumban Gaol.

Hal itu diumumkan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan yang digelar hari ini, Rabu (22/1/2020).

Irfan menggantikan dirut Garuda sebelumnya Ari Askhara. Ia dicopot Menteri BUMN Erick Thohir karena skandal penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Pencopotan Ari diumumkan langsung oleh Erick dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers yang digelar di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2020).

“Saya sebagai Kementerian BUMN akan memberhentikan Direktur Utama Garuda dan tentu proses pada ini karena perusahaan publik ada prosedurnya,” ujar Erick.

Bagaimana rekam jejak Irfan selama ini? Pria kelahiran Jakarta 24 Oktober 1964 ini adalah lulusan Sarjana Teknik Informatika ITB angkatan 1989.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *