Settia

Bu Menteri Gusti Ayu Ajak Pengurus Baru MSI Dukung Potensi Perempuan Dalam Bidang Seni dan Budaya

Jakarta, EDITOR.ID,- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak/PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, perempuan saat ini masih dikategorikan sebagai kelompok rentan dengan menempatkan perempuan pada posisi yang lebih rendah dari laki laki.

Penegasan Menteri PPPA Bintang Darmawati tersebut, dikemukakan dalam sambutannya, pada serah terima pengurus MSI periode 2019-2022 serta pelantikan Dewan Pengurus Mitra Seni Indonesia  Periode 2023-2026.

Pelantikan Pengurus Baru MSI dilaksanakan bersamaan dengan Rapat Umum Anggota Tahunan MSI di Jakarta,  Selasa (24/1/23)

Ditegaskan Menteri PPPA , konstruksi sosial tersebut ternyata terbalik karena perempuan ternyata merupakan kekuatan bangsa.

Dilihat dari jumlahnya perempuan mengisi hampir setengah dari populasi di Indonesia.

Sehingga perempuan merupakan potensi sumber daya manusia yang luarbiasa dalam setiap lini kehidupan termasuk bidang seni dan budaya.

Karena itu Menteri PPPA sangat mengapresiasi  kiprah Mitra Seni Indonesia sebagai bagian dari Masyarakat Indonesia yang kreatif berkesenian dan berbudaya sesuai khazanah bangsa  Indonesia.

Menteri PPPA Bintang Darmawati juga memberikan apresiasinya kepada Mitra Seni Indonesia yang terus mendukung  peningkatan keterampilan berkesenian dan  melestarikan seni  budaya.

Menteri berharap dengan terpilihnya Ketua Umum MSI yang baru dan pelantikan pengurus baru MSI dapat terus berkomitmen dan melanjutkan program pengurus lama untuk bersinergi dan berkolaborasi untuk pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Sementara itu, Ketua Umum Mitra Seni Indonesia periode 2023-2026 Sari Ramdani Basri  mendukung pelestarian seni budaya berbagai daerah di Indonesia.

Pelestarian seni  budaya merupakan upaya perlindungan dari kerusakan warisan budaya.

Menurut Ketua Umum Mitra Seni Indonesia Sari Ramdani  Basri yang terpilih kembali untuk masa jabatan 4 tahun kedepan mengatakan  melalui pelestarian budaya, nilai nilai seni  yang ada dalam suatu tradisi dapat tetap dipertahankan,

Meski melalui proses perubahan bentuk budaya.
Mitra Seni Indonesia yang berkiprah sebagai perkumpulan penggiat, pencinta , pelaku dan pemerhati  seni di Indonesia sangat peduli untuk terus melestarikan dan mengembangkan kesenian dan budaya .

Mitra Seni Indonesia yang beranggotakan sekitar seribu anggota yang mayoritas perempuan  dan berusia lanjut usia tidak memudarkan semangat untuk terus berkarya dalam berbagai keahlian seni yang dimiliki MSI melalui berbagai pelatihan yang ada.

Diantaranya ada 23 pelatihan seperti Angklung, kolintang, arumba, tangklung, paduan suara, vokal, kawrawiran, seni tari, seni lukis dan lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *