Settia

Asri Hadi Kunjungi Studio Nyoman Nuarta Perancang Ibukota Nusantara

Asri Hadi Takjub dengan Karya Besar Nyoman Nuarta Dalam Mengkonsep dan Mendesain Ibukota Nusantara

Bandung, EDITOR.ID,- Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) Asri Hadi memperoleh banyak informasi saat mendapat kesempatan mengunjungi Taman Patung yang diberi nama NuArt Sculpture Park. Tempat ini adalah studio tempat bekerja I Nyoman Nuarta sang perancang desain Ibukota Nusantara (IKN).

Di kediaman seniman patung kelas dunia ini Asri Hadi banyak mendapatkan informasi tentang perkembangan desain IKN yang akan dibangun di Kalimantan Timur.

Asri Hadi sangat kagum saat melihat sejumlah desain unik dan menarik yang berada di tempat Nyoman Nuarta yakni di Sculpture Park di Bandung Jalan Setra Duta Raya No.L6, Ciwaruga, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40514.

“Luar biasa konsep dan desain Ibukota Nusantara yang sedang dirancang Nyoman Nuarta, benar-benar dikerjakan secara terukur, sistematis dan mempertimbangkan segala aspek, yakni arsitek bangunan, kekuatan, keamanan, dan banyak lagi,” papar Asri Hadi.

Dalam tim itu, menurut Asri Hadi, I Nyoman Nuarta, melibatkan para arsitek kenamaan dalam menangani desain bangunan Istana IKN.

Didepan Asri Hadi, Nyoman Nuarta, perancang kawasan Istana di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara memamerkan gambaran desain, konsep dan bentuk istana kepresiden yang akan dibangun di Ibu Kota Negara Nusantara.

Konsep dan Desain Istana Negara Yang Dirancang Sangat Lengkap

Istana Garuda, konsep istana kepresidenan karya Nyoman Nuarta yang telah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusung konsep dan bentuk yang unik. Bangunan tersebut diklaim bakal menjadi satu-satunya bangunan istana kepresiden yang menjadi sebuah karya seni.

“Desain final Istana IKN,” sebut Nyoman.

Nyoman memperlihatkan bahwa kompleks istana kepresidenan, nantinya akan memiliki lapangan upacara, bangunan istana, bangunan kantor presiden, bangunan kantor sekretariat presiden, bangunan kantor staf khusus,bangunan paviliun presiden.

Selain itu, terdapat botanical garden, bangunan wisma negara, bangunan mess paspampres, bangunan masjid, bangunan museum, bangunan-bangunan pendukung, bangunan check point.

Garuda Akan Jadi Istana Presiden Pertama di Dunia

Dikutip dari laman Kemenparekraf, desain dengan nama Istana Garuda merupakan satu dari bagian Istana Kepresidenan Nusantara yang akan dibangun di lahan seluas 55,7 hektare dengan luas tapak 334.200 meter persegi.

Menurut Nyoman, burung Garuda menjadi desain karena kaitannya yang sangat erat dengan Indonesia dengan berbagai perbedaan, segala silang pandang, segala keragaman adat istiadat dan perilaku, dan perbedaan kepercayaan dan agama. Garuda merupakan simbol persatuan. Apalagi garuda juga menjadi bagian dari lambang negara, Bhineka Tunggal Ika.

Leave a Reply