Menteri Johnny Ditahan Atas Kasus Korupsi Ini Reaksi Presiden Jokowi, Sangat Mengejutkan

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Kejagung akan bekerja profesional dan terbuka. "Yang jelas Kejaksaan Agung pasti profesional dan terbuka terhadap semua yang berkaitan dengan kasus itu," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi kepada wartawan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Jakarta, EDITOR.ID,- Rabu (17/5/2023) menjadi hari paling kelabu bagi Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate. Ia tak curiga ketika datang memenuhi panggilan Kejaksaan Agung sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek KSO Menara BTS BAKTI Kominfo yang merugikan negara Rp 8 Triliun.

Namun betapa terkejutnya. Usai diperiksa selama 2 jam, tiba-tiba Pak Menteri Johnny keluar dalam keadaan tangan sudah terborgol. Ia juga kemudian digelandang ke mobil tahanan yang sudah disiapkan parkir sejak pagi. Petinggi Partai Nasdem dan orang kepercayaan Surya Paloh ini langsung ditahan di Rutan Kejagung.

Status Johnny G Plate dinaikkan sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan proyek KSO Menara BTS BAKTI Kominfo.

Lantas apa tanggapan dan reaksi Presiden Joko Widodo atas penahanan terhadap salah satu pembantunya itu.

Presiden Jokowi akhirnya buka suara setelah dua hari setelah tidak memberikan tanggapan terkait perkara dugaan korupsi yang menyeret Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

Presiden Jokowi meyakini Kejaksaan Agung RI akan bekerja secara profesional dan terbuka dalam menangani kasus tersebut. Menkominfo Johnny G Plate sudah berstatus tersangka dan ditahan.

Jokowi: Pemerintah Hormati Proses Hukum

Oleh karena itu, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Pemerintah menghormati proses hukum yang berjalan.

“Ya kita menghormati, kita harus menghormati proses hukum yang ada,” kata Jokowi kepada wartawan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Presiden Jokowi juga membantah opini yang dibangun soal adanya intervensi politik dalam kasus itu, mengingat Johnny Plate merupakan Sekretaris Jenderal Partai NasDem.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Kejagung akan bekerja profesional dan terbuka. “Yang jelas Kejaksaan Agung pasti profesional dan terbuka terhadap semua yang berkaitan dengan kasus itu,” ujar Jokowi.

Dikatakan bahwa selama Johnny G Plate menjalani proses hukum, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD akan bertugas sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menkominfo.

Penetapan Plate Jadi Tersangka Sempat Ditunda 2 Pekan

Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan bahwa penetapan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menjadi tersangka sempat ditunda selama dua pekan. Mahfud menyebut Kejaksaan Agung sempat menunda penetapan tersangka dan penahanan Johnny G Plate.

Seharusnya penahanan itu sudah dilakukan sejak dua minggu lalu. Namun, Kejaksaan Agung memilih untuk memastikan lagi tindakan dan memperkuat bukti terkait dugaan korupsi yang menyeret Sekjen Partai Nasdem itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: