Waduh, U-19 Kalah dari Bulgaria 0-3

  • Bagikan
u-19
Sumber Foto: Instagram PSSI Official

EDITOR.ID, Jakarta,- Shin Tae Yong, pelatih asal Korsel yang menjadi asa dan ditunggu-tunggu jutaan bola mania di tanah air akhirnya menunjukkan hasil yang mengecewakan. Timnas U-19 yang diraciknya kalah 0-3 dari Bulgaria pada laga perdana Friendly Tournament 2020 di Kroasia, Sabtu (5/9/2020).

Laga yang berlangsung di Stadion Igraliste NL Polet, Sveti Martin na Mauri, Sabtu (5/9/2020) malam WIB ini menjadi pertandingan uji coba pertama bagi tim asuhan Shin Tae-yong.

Skuad arahan Shin Taae Yong sebenarnya mampu bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Namun, gawang Garuda Muda kecolongan tiga gol di babak kedua lantaran kurang disiplin.

Tiga gol Bulgaria tercipta di 13 menit terakhir waktu normal. Bulgaria mampu menciptakan tiga gol lewat Martin Petkov di menit ke-77 serta 88′ dan Stanislav Shopov menit ke 83′.

Indonesia memiliki kans terbaik di awal babak kedua melalui Irfan Jauhari. Menerima umpan terobosan dari Witan Sulaeman, Irfan berhasil menyambar bola dengan kaki kiri namun masih bisa diblok kiper Ivan Dichevski.

Hasil ini membuat sebagian besar supporter Timnas kecewa dengan hasil negatif lawan Bulgaria dan menuding permainan Indonesia tak memiliki skema yang jelas.

Namun ada juga supporter yang masih memberikan toleransi kepada Shin Tae Yong. Supporter ini menilai turnamen persahabatan yang digelar di Kroasia memang bukan tolok ukur, melainkan bahan evaluasi penting secara bertahap.

Instagram resmi PSSI yang mengunggah skor akhir laga Indonesia vs Bulgaria yang berakhir 0-3, jadi sorotan netizen. Terlebih pertandingan ini dapat disaksikan langsung salah satu stasiun swasta nasional.

“Tahap demi tahap, besok 5-0 taktik permainan ga ada sama sekali proses nya ga keliatan ga jelas main nya siapa depan semua jadi pemain belakang,” tulis Samueluncakmerja98.

“Indonesia bukan tipe bertahan. Sama saja seperti kemarin kalau seperti ini,” timpal Setyono98.

Sejumlah netizen lainnya tetap mendukung proses Garuda Muda di tangan Shin Tae Yong. Sebab, sejak awal kemenangan di turnamen ini memang bukan target dari tim pelatih.

“Tidak masalah kalah 0-3. Target STY bukan menang di turnamen ini, dia aja belum menyiapkan taktik dan masih 100 persen fokus fisik. STY kalah pun tetap bahagia,” tulis Rizkyfidriansyah.

“Yang dilawan kelas dunia… Sudah bisa bertahan sampai dengan menit 70an itu sudah luar biasa. Kelihatan di lini pertahanan semakin solid. Semangat terus Garuda Muda,” timpal baimbiola.

“Para netizen ini belum full main taktik masih percobaan pemosisian pemain. Tolong bersabar. #percaya proses,” ujar stnly_fernando.

Jalannya Pertandingan
Bulgaria memberi ancaman lebih dulu ke gawang Indonesia di menit kesembilan. Martin Petkov melepaskan tembakan yang laju bola berhasil diamankan kiper Muhammad Adi Satryo.

Tim besutan Angel Stoykov sempat mencetak gol pada menit ke-16 lewat Georgi Aleksandrov. Wasit menganulir gol tersebut karena berbau offside.

Indonesia berhasil menciptakan ancaman di pertengahan babak pertama. Witan Sulaeman mengutak atik bola di kotak penalti lawan untuk kemudian melepas tembakan, namun bola berhasil diblok lawan.

Bulgaria terus menekan pertahanan Indonesia. Hingga turun minum, tak ada gol yang tercipta. Babak pertama tuntas dengan skor 0-0.

Indonesia harus kerja keras dalam menahan gempuran Bulgaria di babak kedua. Dalam laga ini, Muhammad Adi Satryo tampil gemilang dalam menghalau laju bola ke gawang Indonesia.

Namun, Witan Sulaeman dan kawan-kawan kehilangan konsentrasi di 15 menit akhir babak kedua. Bulgaria akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit ke-78. Martin Petkov merobek gawang Adi Satryo lewat sundulan usai menyambut umpan dari eksekusi tendangan bebas. 1-0 Bulgaria memimpin.

Indonesia coba bereaksi setelah kebobolan. Umpan silang dilepaskan ke depan kotak penalti Bulgaria, namun gagal disambar oleh beberapa pemain Indonesia.

Bulgaria menggandakan kedudukan menjadi 2-0 di menit ke-83. Bola tembakan Stanislav Shopov dari luar kotak penalti berhasil merobek gawang Indonesia.

Semenit berselang gawang Indonesia kebobolan lagi. Petkov mencetak gol kedua setelah memanfaatkan bola dari umpan tarik. 3-0 untuk Bulgaria. skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Usai pertandingan pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong mencoba membela diri. Ia mengaku tak masalah dengan kekalahan tersebut. Ia justru memuji kerja keras skuad arahannya di laga tersebut.

“Hasil pertandingan seperti yang saya sampaikan sebelumnya, kami tidak masalah meski harus kalah,” kata Shin Tae Yong dilansir laman resmi PSSI.

“Yang jelas tim masih berproses karena materi latihan dengan intensitas tinggi dan para pemain sudah menunjukkan kerja kerasnya di pertandingan ini,” ujarnya.

Di tempat terpisah, tuan rumah Kroasia sukses mengalahkan Arab Saudi 4-3. Sebelumnya Kroasia juga mampu menaklukkan Bulgaria.

Setelah melawan Bulgaria, Indonesia akan menantang tuan rumah Kroasia, Selasa (8/9/2020). Tiga hari berselang Garuda Muda akan menghadapi Arab Saudi.

Selain mengikuti turnamen tersebut, Indonesia U-19 juga akan melawan Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta Dinamo Zagreb. TC di Kroasia dijadwalkan hingga akhir September ini. (tim)

 25 Total Pengunjung,  1 Pembaca Hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan