Settia

Unej Terjunkan Puluhan Dokter Muda Bantu Korban Corona

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter di Kampus Universitas Jember tahun 2019 silam (ilustrasi)

EDITOR.ID, Jember,- Demi menyelamatkan sesama, Fakultas Kedokteran Universitas Jember akan menerjunkan puluhan dokter muda untuk membantu melayani warga dalam pencegahan Covid-19 di Jember dan sekitarnya.

Selain dokter muda, salah satu kampus negeri terbesar di Jawa Timur ini juga akan mengerahkan mahasiswa dan mahasiswa Program Studi Profesi Dokter FK Universitas Jember.

Program kerja nyata dalam rangka pengabdian masyarakat oleh Perguruan Tinggi ini dikomandani langsung oleh Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Universitas Jember, dr. Cholis Abrori, M.Kes., M.Pd.Ked.

Para dokter muda yang akan diterjunkan ke masyarakat itu baru saja lulus dari Pendidikan Profesi Dokter FK Unej.

“Benar, saat ini kami tengah mempersiapkan rencana aksi dan rekrutmennya. Kami akan membuka pendaftaran bagi mahasiswa FK dan peserta Program Studi Profesi Dokter FK Universitas Jember untuk turut terjun langsung menangani Covid-19 di daerah Jember dan sekitarnya,” ujar Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Universitas Jember, dr. Cholis Abrori, M.Kes., M.Pd.Ked. di Jember, Jumat (27/3/2020)

Mereka akan diterjunkan ke masyarakat untuk melayani keluhan dan melakukan pemeriksaan kesehatan agar masyarakat bisa melakukan pola hidup sehat dan terhindar dari penularan Virus Corona yang kian massif.

Bahkan sudah ada lampu hijau dari Rektorat bagi mahasiswa FK yang mendaftar, maka keikutsertaannya akan dihitung mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Tematis.

“Selain itu, sudah ada mahasiswa peserta Program Studi Profesi Dokter FK Universitas Jember yang menjadi relawan medis penanganan Covid-19 yang dikoordinasikan oleh Kemendikbud,” jelas dr. Cholis Abrori, M.Kes., M.Pd.Ked.

dr. Fath Arina Fahma, salah satu dokter muda lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Jember mengatakan, tidak bisa membayangkan kondisi seluruh dunia saat ini di tengah pandemi Covid-19, dan saat dunia kesehatan Indonesia berduka karena gugurnya para dokter, perawat hingga guru besar kedokteran.

“Hal ini menjadi pendorong semangat dan mengukuhkan tekad kami untuk segera berkontribusi menyusul para senior kami,” tutur Arina saat dihubungi per telepon dari Kampus Tegalboto.

Program kegiatan nyata terjun membantu pencegahan Corona di wilayah Jember dan sekitarnya ini mendapatkan dukungan dan pujian dari Dekan Fakultas Kedokteran Unej.

“Saya mengapresiasi tekad para dokter muda yang bertekad segera terjun ke garis depan pencegahan Covid-19, negara dan bangsa menunggu bhakti Anda semua,” tambah Supangat, M.Kes., PhD., Sp.BA .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *