Settia

UI Tembus World University Rangkings 2021

EDITOR.ID, Jakarta,- Universitas Indonesia (UI) berada pada kelompok peringkat 801-1000 dunia dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Rangking ini berdasarkan daftar pemeringkatan universitas terbaik dunia, World University Rangkings (WUR) 2021 yang dipublikasikan pada kanal resmi THE pada September 2020.

Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) 2021 dalam rilisnya menempatkan UI peringkat teratas untuk Perguruan Tinggi Terbaik asal Indonesia.

Disusul Unpad bersama dengan ITB, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, IPB, ITS, dan Universitas Telkom, berada di peringkat 1000+ dalam peringkat yang disusun organisasi berbasis di Inggris tersebut.

Penilaian yang dilakukan THE World University Rankings 2021 mencakup lima indikator yang dimiliki perguruan tinggi. Mulai dari aspek penilaian pengajaran (teaching), penelitian (research), Kutipan (citations), penyerapan industri (industry income), hingga pandangan internasional (international outlook).

Dalam indikator kutipan (citations) penilaian dilakukan dengan mengukur peran universitas dalam menyebarkan pengetahuan dan gagasan baru. Setidaknya THE menganalisis 80 juta kutipan dari 13 juta publikasi penelitian.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya mengatakan bahwa hal tersebut merupakan pencapaian besar dan menunjukkan bahwa Indonesia da UI khususnya, semakin dikenal oleh masyarakat global dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia.

Menurut Prof. Ari, di tengah situasi yang tidak mudah seperti saat ini, sebagai dampak COVID-19. UI tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan COVID-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat.

“Kontribusi para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dan masyarakat mampu membuat UI semakin melesat dan berdampak bagi negeri,” ujarnya Sabtu (5/9/2020)

Saat ini peringkat UI berada dalam kelompok peringkat 801 – 1000 dunia dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

UI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi dari Indonesia yang masuk ke dalam grup ini.

Sebanyak 1.500 Perguruan Tinggi di 93 negara di dunia yang masuk ke dalam pemeringkatan THE WUR 2021.

Dikabarkan lembaga THE secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan performa pengajaran (kegiatan belajar mengajar), penelitian, transfer, dan sharing Keilmuan serta cakupan internasional sebuah universitas.

UI memperoleh total skor 25,1 – 30,1 dengan capaian per indikator yaitu Performa Pengajaran dengan skor: 37,6, Penelitian: 20,7, Performa Sitasi Karya Ilmiah: 15,2, Sinergi dunia industri: 84,5, dan Cakupan internasionaL: 51,3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *