Settia

Toyota F-1, Badak Dari Negeri Sakura

Jakarta, EDITOR.iD,– Pabrikan mobil ternama di negeri Sakura, Toyota mempersembahkan inovasi baru mobil sport. Namanya, Toyota F-1, singkatan dari “Future Toyota”. Diperkenalkan di ajang Detroit Motor Show yang diadakan di Amerika dengan membidik kaum muda, termasuk mereka yang gemar main video game.

Kepala studio design Toyota Amerika, Kevin Hunter, mengatakan FT-1 mewakili tekad produsen mobil paling besar ? dan paling konservatif ? di dunia itu untuk berubah.

“Selama bertahun-tahun, Toyota mengandalkan diri pada survei pelanggan dan konsensus internal, dan tujuannya adalah memproduksi kendaraan yang disukai semua orang,? kata Hunter.

Di masa lampau Toyota punya sejumlah sports car dahsyat seperti Supra, 2000GT, Celica. Dan Toyota FT-1 Concept ini akan menjadi mobil masa depannya Toyota.

Toyota FT-1 mobil sporty terbaru ini sudah didesain secara dramatis beberapa designer otomotif ternama dari Toyota Calty Design Research di Jepang. Toyota FT-1 didesain membutuhkan waktu yang cukup lama dan matang dengan alasan mobil ini akan menjadi mobil sporty yang sukses seperti pendahulunya Toyota Supra dan Toyota Celica.

Toyota FT-1 sempat diperkenalkan kepada konsumen Indonesia di ajang pameran otomotif IIMS tahun 2014 silam. Dari segi penampilannya, Toyota FT-1 mampu menyaingi mobil Mitsubishi New Pajero dimana pada Toyota FT-1 didesain secara khusus sehingga tampilan body tampak garang dan kokoh layaknya badak.

Konsep pada mobil ini adalah mengadopsi konsep mobil balap sehingga tampilan pada mobil ini terlihat lebih sporty dan sedikit ekstrim. Konsep coupe ini memiliki moncong panjang dan memancarkan garis-garis desain mobil balap mengurva. Menimbulkan kesan kuat dan tahan banting layaknya binatang badak.

Saat lampu dinyalakan akan tampak sorotan lampu yang sangat tajam membuat kesan gahar dan ditambahkan dengan sepasang air intake dan fender besar yang membuat mobil ini tampak lebih berotot dan padat. Sedangkan pada kaca spion Toyota FT-1 ini memiliki fungsi untuk mendapatkan angin yang rendah, dan juga dilengkapi dengan front LED headlight dan back spoiler.

Desain bagian buritan tak kalah seksinya, di mana terpahat mengalir, menampilkan air diffuser, sepasang ujung knalpot, dan wing aktif. Sementara kokpitnya dibuat ergonomi, pengemudi duduk rendah, setir terinspirasi dari setir mobil balap F1, head-up display yang memproyeksikan informasi vital ke kaca depan. Pillar-A ditempatkan sejauh mungkin ke belakang untuk memberikan visibilitas lebih baik.

?Akio Toyoda menantang para desainer untuk menciptakan mobil-mobil yang memercikan emosi orang-orang?mobil-mobil yang membuat mereka berkata: Saya menginginkannya?saya harus mengendarainya,? kata Kevin Hunter, President Toyota Calty Design Research.

?Pesannya sangat sederhana? buatlah sangat keren.?

Dirinya pun mengakui timnya sangat terinspirasi oleh sejumlah sports car Toyota di masa lampau terutama Toyota Supra dan 2000GT. FT-1 berarti Future Toyota, dan nomor ?1? berarti ?ultimate? atau ?utama?.

Sports car RWD ini dirancang siap melibas sirkuit. Proyek ini dimulai dua tahun lalu. Toyota FT-1 pun masuk ke dalam permainan video Sony PlayStation Gran Turismo 6 (GT6).

Leave a Reply