Settia

Sukhoi Su-35 Vs Dassault Rafale

EDITOR.ID, Jakarta,- Usai dilantik sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo langsung tancap gas. Ia keliling negara di Eropa. Bukan untuk jalan-jalan, tapi Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini sedang fokus konsentrasi memilih senjata yang pas untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Sukhoi Su-35 (ist)

Ditengah lawatannya ke luar negeri kemudian menyeruak isu Prabowo akan memborong 48 pesawat Dassault Rafale buatan Perancis. Benarkah Prabowo sudah jatuh cinta dengan Dassault Rafale ataukah ada godaan lainnya?

Teka-teki tersebut sedikit terjawab. Awal pekan lalu, Prabowo mengunjungi Menhan Rusia Sergey Shoygu di Moskow, Rusia. Pertemuan tersebut pun mencuatkan wacana bahwa keduanya membahas penuntasan pembelian 11 unit Sukhoi SU-35.

Rencana pembelian 11 unit Sukhoi Su-35 memang masih belum menemukan titik terang. Prabowo Subianto pun buka suara perihal kelanjutan tersebut.

Menurut dia, pembahasan masih terus dilakukan. “Kita lihat nanti. Semua akan dievaluasi,” kata Prabowo ketika ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (6/2/2020).

Banyak hal dibicarakan dalam rangka diplomasi pertahanan. Salah satu poin penting dalam pembicaraan itu adalah rencana Prabowo menuntaskan pembelian 11 jet tempur Sukhoi Su-35 senilai US$ 1,14 miliar (Rp 15,57 triliun). Kendati demikian, akan disepakati kedua negara. Begitu juga waktu pengirimannya ke Tanah Air.

“Iya (pembicaraan seputar kontrak pembelian Sukhoi) masih on. Ya segera setelah persyaratan terpenuhi (kontrak pembelian akan disepakati),” ungkap Duta Besar Indonesia di Rusia, Wahid Supriyadi sebagaimana dilansir dari cnnindonesia.com.

Lantas seberapa hebat Sukhoi Su-35 ini? Melansir situs Military-Today, jenis Sukhoi Su-35 termasuk dalam sepuluh pesawat tempur terbaik dunia yang pernah dibuat.

Pesawat tempur dengan panjang sayap 15,3 meter ini merupakan pesawat tempur multifungsi yang dapat menjelajah langit dengan kecepatan melebihi kecepatan suara atau supersonic.

Dalam keterangan situs tersebut, Sukhoi Su-35 mampu terbang dengan kecepatan maksimum hingga 2.390 km/jam. Sebagai pesawat tempur, Sukhoi Su-35 juga dilengkapi dengan berbagai armor.

Sukhoi Su-35 memiliki kanon dengan dimensi 1 x 30 mm dengan 150 amunisi. Pesawat ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis misil seperti R-27ER, E-27ET, R-73, Kh-29T, Kh-31P, Kh-59M, Kh-35U. Dan terakhir, pesawat ini juga dapat mengangkut berbagai jenis bom jatuh bebas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *