Settia

Suarakan Kisah Sedih Pekerja Migran, AM Kuncoro Rilis Single “Sayah Wengi”

AM Kuncoro, Penyanyi lagu Sayah Wengi. (Dok. PFR)
AM Kuncoro, Penyanyi lagu Sayah Wengi. (Dok. PFR)

EDITOR.ID, Yogyakarta – Jumlah penduduk Indonesia yang saat ini lebih dari 275 juta jiwa, ikut memicu kenaikan jumlah pekerja migran. Mereka ingin mengatasi permasalahan ekonomi keluarga. Namun, dengan jauhnya dari keluarga, banyak di antara mereka yang jadi hancur rumahtangganya.

Kejadian yang dialami para pekerja migran tersebut dituangkan AM Kuncoro ke dalam karya lagu terbarunya yang berjudul Sayah Wengi. Audionya dirilis pada Jumat, 18 November 2022 di berbagai platform musik digital. Pada hari yang sama, pukul 12.00 WIB videoklipnya tayang perdana di YouTube Channel Prima Founder TV.

Saat diwawancarai pada Jumat (18/11/2022), AM Kuncoro mengatakan, “Sebenarnya lagu Sayah Wengi masih terkait dengan dua lagu saya sebelumnya, Dimana Anakku Dimana Istriku dan Siksa Aku Yang, masih mengangkat problematika rumahtangga.”

Menurut AM Kuncoro, problematika rumah tangga adalah hal yang nyata dan memiliki pengaruh besar bagi setiap orang. Hal itu pula yang seringkali menguras energi, menurunkan produktivitas, bahkan bisa berujung pada kekerasan dalam rumahtangga, hingga perceraian.

“Walau hal itu tidak saya alami secara pribadi, saya bisa membayangkan dan merasakan betapa menyakitkan bila itu terjadi. Saya ingin menyuarakan kesedihan yang dialami dan menemani mereka bersama lagu yang saya tulis ini,” kata AM Kuncoro, Penyanyi asal Yogyakarta.

Lebih lanjut AM Kuncoro mengatakan, Sayah Wengi merupakan idiom baru ia buat yang mungkin masih asing di telinga banyak orang. Sayah Wengi mengandung artian sebuah malam yang sangat melelahkan.

Syuting videoklip lagu Sayah Wengi berlokasi di Singapura. AM Kuncoro sengaja melakukan pengambilan gambar di negara tersebut untuk jadi sajian berbeda yang ingin diberikan oleh Prima Founder Records.

“Lagu Sayah Wengi bernuansa keluhan, jauh berbeda dengan keseharian saya yang optimis dan tak mudah putus asa dalam menghadapi sebuah tantangan. Saya akan terus berusaha meraih impian saya dengan berbagai cara yang ada. Di balik keluhan-keluhan yang ada di lagu Sayah Wengi, sebenarnya ada muatan pesan yang memotivasi, agar orang-orang yang jauh dari keluarganya selalu menjaga nilai-nilai kesetiaan,” kata AM Kuncoro.

Rulli Aryanto, salah seorang pemilik dan pendiri Prima Founder Records pada kesempatan yang sama mengatakan, AM Kuncoro sangat jeli dalam mengemas lagu-lagu cinta. Karena cinta memang sangat universal dan tak habis-habisnya untuk diangkat, tergantung dari sisi mana mengangkat temanya. Dan itu jadi satu sisi romantisnya seorang AM Kuncoro.

Leave a Reply