Settia

Sore ini Timnas Indonesia Hadapi Korea Selatan

EDITOR.ID, Jakarta,- Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga uji coba melawan Korsel U-23, hari ini (23/6/2018) di Stadion Pakansari, Bogor, live RCTI pukul 18.00 WIB. Namun Timnas berjanji akan tampil maksimal untuk bisa mengimbangi permainan Korsel yang timnas seniornya sedang berlaga di Piala Dunia.

Timnas U-23 Indonesia sejatinya memang kalah kelas dibandingkan Korsel. Persiapan untuk laga uji coba yang mepet serta komposisi tim masih bongkar pasang membuat mereka tak menargetkan kemenangan.

Ya, petang nanti, hanya dijadikan pasukan asuhan Luis Milla itu sebagai pembelajaran. Asisten pelatih timnas U-23 Indonesia Bima Sakti mengatakan, lawannya petang ini sudah bermain layaknya tim Eropa.

Organisasi permainan dan skill individu pemainnya jadi salah satu kekuatannya. ’’Kalau formasinya tidak jauh beda dengan Indonesia, pakai 4-3-3,’’ terangnya.

Korsel juga sudah melakukan persiapan uji coba lebih lama. Sudah 10 hari datang ke Indonesia dan latihan. Adapun timnas hanya tiga hari saja, itupun sebagian besar digunakan untuk mengembalikan kondisi fisik pemain usai libur lebaran.

Pemanggilan empat pemain senior seperti Beto Goncalves, Stefano Lilipaly, Riko Simanjuntak, dan Nelson Alom pun diprediksi tidak akan banyak membantu. Juga dua pemain muda dari U-19 yakni Feby Eka dan Hanis Saghara. Tidak kebobolan banyak gol saja sudah jadi prestasi melihat persiapan yang dilakukan oleh anak asuh Luis Milla itu.

Belum lagi masalah mencetak gol. Dalam lima pertandingan uji coba yang sudah dijalani, Hansamu Yama dkk hanya bisa mencetak satu gol. Sisanya kebobolan total 3 gol.

Di sisi lain, Pelatih Korsel Kim Hak-bun menerangkan bahwa lawannya nanti bukanlah tim sembarangan. Walau kelasnya di bawah Korsel, tapi organisasi permainan di bawah pelatih sekaliber Luis Milla sangatlah baik. ’’Beberapa pemain juga punya skill individu yang bagus,’’ tuturnya.

Nah, Korsel sendiri sudah melakukan evaluasi usai menang atas Persija dalam laga uji coba di Stadion PTIK, Jakarta (21/6). Kim juga sudah melihat Indonesia U-23 dalam latihan. ’’Kami sudah persiapkan taktik untuk pertandingan nanti (hari ini). Tim sangat siap menghadapi Indonesia,’’ jelasnya. (rid/ham)

Perkiraan Pemain

Indonesia U-23 (4-3-3): Awan Setho (g); I Putu Gede, Hansamu Yama (c), Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa; Nelson Alom, M. Hargianto, Septian David; Riko Simanjuntak, Beto Goncalves, Febri Hariyadi

Pelatih: Luis Milla

Korsel U-23 (4-3-3): Kang Hyeon-mu (g); Lee Sang-min, Hwang Hyun-soo, Jeong Tae-wook, Seo Young-jae; Jang Yun-hoo (c), Hwang Ki-wook, Lee Seung-mo; Lee Keun-ho, Lee Eun-bum, Na Sang-ho

Pelatih: Kim Hak-bum

Stadion: Pakansari, Bogor

Leave a Reply