Settia

Selamat Bekerja Pak Jokowi

EDITOR.ID, Jakarta,- Presiden Joko Widodo bersyukur bahwa pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2019-2024 telah berjalan dengan baik, khidmat, dan sederhana. Baginya, pelantikan kali ini juga terasa istimewa karena turut dihadiri oleh sejumlah kepala negara, kepala pemerintahan, atau utusan dari negara-negara sahabat.

Presiden Terpilih Joko Widodo menyampaikan Pidatonya di Gedung DPR MPR Saat Pelantikan dirinya Jadi Presiden ( Foto: Laily Rachev – Biro Pers Sekretariat Presiden)

Hal itu disampaikan Presiden setibanya di halaman Istana Merdeka, Jakarta, setelah menjalani pelantikan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, pada Minggu, 20 Oktober 2019.

“Kita patut bersyukur bahwa pelantikan kali ini juga dihadiri oleh kepala negara, kepala pemerintahan, dan banyak utusan khusus dari negara-negara sahabat kita,” ujar mantan Walikota Solo ini.

Dari Malaysia Perdana Menteri Tun Mahathir Mohamad, dari Singapura Perdana Menteri Lee Hsien Loong, dari Australia Perdana Menteri Scott Morrison, kemudian juga dari Kamboja Perdana Menteri Hun Sen, kemudian dari Brunei Sultan Hassanal Bolkiah, dan Raja Negara Eswatini juga hadir.

Menurutnya, kehadiran para tamu negara tersebut merupakan bentuk relasi yang sangat baik antara Indonesia dan negara-negara sahabat.

Usai dilantik Jadi Presiden, Joko Widodo memeluk sang Ibunda Ny Sujiatmi (Foto: Laily Rachev – Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden sendiri menyampaikan apresiasi tertinggi bagi kehadiran para tamu negara tersebut.

“Kita memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kehadiran seluruh kepala negara, kepala pemerintahan, dan juga para utusan khusus yang hadir kali ini,” ucapnya.

Presiden Terpilih Jokowi Usai Dilantik Mencium Tangan Sang Ibunda (Foto: Laily Rachev – Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden juga menyampaikan ucapan terima kasih bagi TNI dan Polri yang telah menjaga keamanan baik menjelang pelantikan maupun hingga pelantikan terlaksana dengan baik.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI, kepada Polri, kepada BIN yang telah menjaga keamanan selama ini terutama menjelang pelantikan. Kerja keras ini patut kita apresiasi bersama,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Negara juga menyampaikan apresiasi dan menghargai apa yang telah dilakukan dan disiapkan oleh MPR RI untuk menyukseskan acara pelantikan tersebut.

Setelah itu, Jokowi lantas melontarkan sebait puisi sebelum menutup pidato yang mengandung makna mengajak semua elemen bangsa dan masyarakat untuk menuju Indonesia maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *