Settia

Rektor Unair Kukuhkan Mahasiswa Baru Secara Online

EDITOR.ID – Surabaya, Prosesi pengukuhan mahasiswa Universitas Airlangga tahun ini berjalan tak seperti biasanya. Karena pandemi, untuk pertama kalinya, pengukuhan mahasiswa baru sebanyak 6.875 dilakukan secara daring atau online.

Rektor Universitas Airlangga Prof Mohammad Nasih mengukuhkan mahasiswa baru jenjang sarjana dan diploma tersebut pada Selasa (1/9/2020).

Mereka adalah mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021. Sebanyak 6.875 mahasiswa baru yang dikukuhkan pada Batch 1 berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kapasitas penerimaan mahasiswa baru UNAIR untuk tahun 2020 ini adalah 7.225. Semua kapasitas tersebut akan diisi dengan penuh melalui Batch 2,” ujar Prof Nasih.

Sebanyak 1.126 di antara mahasiswa yang dikukuhkan adalah pemegang Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K).

Tahun 2020 ini, kuota KIP-K UNAIR mencapai 1.400 mahasiswa. Penerimaan KIP-K terbesar tahun berasal dari jalur Mandiri yang mencapai lebih dari 500 mahasiswa.

Untuk prodi D3 Keperawatan yang ada di Gresik dan Lamongan, 99 persen adalah pemegang KIP-K. Ini adalah bagian dari upaya UNAIR memberikan kesempatan kepada siswa-siswi terbaik untuk bisa kuliah di UNAIR.

Untuk mahasiswa yang belum melakukan daftar ulang karena alasan keuangan, UNAIR memberikan kesempatan perpanjangan daftar ulang.

“Kami berharap orang tua dan mahasiswa yang punya kesulitan apapun untuk berkomunikasi dengan kami. Nanti akan kami fasilitasi, ujar Rektor.

Pada pengukuhan mahasiswa baru tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto hadir secara online memberikan sambutan. Airlangga Hartarto memberikan pesan kepada mahasiswa baru untuk memulai hidup mandiri. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *