Settia

Profesor Perancang RS Corona Asli Jember

Salah satu guru Chung Hua School Jember Chen Yong Yen atau Iwan Natawidjaja saat menunjukkan buku kenangan sekolah Tionghoa Jember di tokonya di Jember pada Kamis (6/2/2020) (ANTARA/ Zumrotun Solichah)

EDITOR.ID, Jakarta,- Sebuah rumah sakit di China memicu geger publik dunia, seiring dengan boomingnya berita soal Virus Corona. Pasalnya, China hanya butuh waktu 8 hari saja untuk membangun rumah sakit yang bisa menampung ribuan pasien Corona dan mereka bisa disembuhkan serta kembali berbaur ke masyarakat.

Tahukah anda, arsitek utama dari rumah sakit itu adalah Profesor Huang Xiqiu. Yang mengagetkan bagi kita semua sang arsitek hebat dunia ini ternyata pria kelahiran Jember dan sempat sekolah dari SD hingga SMP di Jember.

Arsitek bernama Prof Huang Xiqiu itu adalah warga negara Tiongkok, namun pernah tinggal di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Jember.

Awalnya informasi tersebut beredar di media sosial, terutama di aplikasi percakapan WhatsApp.

Tak disangka jika guru besar atau Profesor Huang Xiqiu, sosok arsitek rumah sakit khusus pasien virus corona, Huoshenshan di Wuhan ternyata lahir dan asli dari Jember, Jawa Timur.

Untuk mengobati rasa kerinduan akan kampung halamannya, Prof Huang ternyata sering pulang kampung ke Jember, Jawa Timur. Prof Huang merindukan suasana Desa di Jember yang dikelilingi Gunung Argopuro dan kesejukan suasana alamnya dan keramahtamahan warganya.

Huang Xiqiu, Arsitek RS Huoshenshan, rumah sakit khusus untuk menangani wabah virus corona di Wuhan ternyata pernah bersekolah di Indonesia. Tepatnya di Chung Hua School di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Hal itu dikisahkan oleh Iwan Natawijdaja, 81. Huang Xiqiu bersekolah SD dan SMP di Chung Hua School.

Pemerintah China membangun RS Houshenshan yang merupakan rumah sakit darurat untuk menangani wabah virus corona di Wuhan yang dikerjakan selama 10 hari dengan sejumlah fasilitas medis yang lengkap dengan 1.000 tempat tidur itu diresmikan pada 3 Februari 2020.

“Memang benar Huang Xiqiu pernah sekolah Chung Hua School atau disebut Chung Hua Xie Xiao sebelum saya menjadi guru di sana,” kata salah satu guru Chung Hua School, Iwan Natawidjaja saat ditemui di Kabupaten Jember, Kamis (6/2/2020).

Desainnya rumah sakit itu dibuat oleh Wuhan CITIC Design Institute and Constructed yang merupakan bagian dari perusahaan konstruksi Tiongkok, China Construction Third Engineeing Bureau Co.Ltd.

Namun dibalik kesuksesan pembangunan rumah sakit khusus virus corona itu ada tangan dingin arsitek yang mendesainnya yakni Huang Xiqiu yang lahir di Indonesia dan sempat mengenyam pendidikan SD dan SMP di Chung Hua School Jember, bahkan orang tuanya juga tinggal di Jember hingga meninggal dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *