Settia

Presiden Jokowi Ajukan Nama Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Sebelumnya, Sekjen DPR RI Indra Iskandar menjelaskan pihaknya telah menginformasikan ke Kemensetneg untuk membatalkan dikirimnya Surpres mengenai pergantian panglima TNI. 

Jakarta, EDITOR.ID,- Teka-teki siapa menjadi Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun bulan Desember 2022 nanti akhirnya terjawab. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan mengajukan nama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dalam suratnya kepada DPR-RI.

Adapun Andika Perkasa akan memasuki masa purnatugas pada 21 Desember 2024 mendatang.

Menanggapi hal itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno pun membenarkan kabar KSAL Yudo Margono ditunjuk menjadi calon pimpinan tertinggi di lembaga TNI tersebut.

”Pak Yudo,” ujarnya sebagaimana dilansir dari Kompas.id, Rabu (23/11/2022).

Sebelumnya, Sekjen DPR RI Indra Iskandar menjelaskan pihaknya telah menginformasikan ke Kemensetneg untuk membatalkan dikirimnya Surpres mengenai pergantian panglima TNI.

Pihaknya juga telah menginformasikan agar Surpres pergantian panglima TNI dapat diserahkan ke DPR pada Senin (28/11/2022).

“Jadi penyerahan surpres Panglima TNI itu akan diserahkan oleh Mensesneg kepada Ibu Puan itu tanggal 28 November,” kata Indra, Rabu (23/11/2022),

Indra menambahkan pembatalan penyerahan Surpres lantaran Ketua DPR RI Puan Maharani sedang melakukan lawatan kerja ke Phnom Penh, Kamboja.

Puan menjadi delegasi DPR RI untuk menghadiri 43th General Assembly of ASEAN Interparliamentary (AIPA).

“Kenapa enggak jadi disampaikan hari ini, karena ibu Puan masih memimpin delegasi Indonesia pada sidang parlemen ASEAN atau AIPA di Kamboja,” ujar Indra.

Yudo Margono merupakan perwira tinggi TNI-AL yang menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut ke-27 sejak tanggal 20 Mei 2020.

Yudo Margono lahir pada 26 November 1965 di Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Dia berasal dari keluarga sederhana. Orang tuanya berprofesi sebagai petani.

Laksamana Yudo Margono mengenyam pendidikan dasar di SDN 02 Garon dan menamatkan Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Mejayan.

Yudo, merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIII/tahun 1988.

Sebelumnya, dia menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I.

Dalam kehidupan pribadinya, dia memiliki seorang istri bernama Veronica Yulis Prihayati.

Istri Laksamana Yudo Margono ini cukup aktif dalam berbagai kegiatan pembinaan istri-istri TNI Angkatan Laut, termasuk memberi pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kepada para anggotanya.

Pada 20 Mei 2020, Yudo Margono resmi dilantik menjadi KSAL. Saat itu upacara serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin langsung oleh Panglima TNI kala itu, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.  (tim)

Leave a Reply