Settia

PKS di DKI Tumbang, Riza Patria Terpilih Wagub

EDITOR.ID, Jakarta,- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) benar-benar berjuang sendirian dan tak punya teman di blantika politik Jakarta. Partai ini tumbang saat mencoba merayu partai lain agar mau mendukung kadernya untuk menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Namun dari 100 anggota DPRD DKI Jakarta yang menggunakan hak suara, Cawagub DKI Jakarta dari PKS, Nurmansjah Lubis hanya mampu meraih 17 suara. Dimana 16 suara memang suara milik PKS. Sehingga yang memilih kader PKS sebagai Wagub diluar partai ini hanya satu.

Sehingga Nurmansjah Lubis kalah telak dari Ahmad Riza Patria dalam pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta.

Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta menyebut hasil sidang paripurna pemilihan tersebut merupakan cerminan kondisi konstelasi politik nasional saat ini.

“Jadi inilah hasil dari paripurna, tidak jauh berbeda di tingkat nasional. Di tingkat nasional PKS oposisi sendirian, maka ada dampaknya juga dalam perpolitikan di DKI, sebagaimana kita lihat hasil paripurna pemilihan wagub hari ini,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin di Jakarta, Senin (6/4).

Arifin meyakini bahwa 16 anggota Fraksi PKS kompak mendukung Nurmansjah. Artinya, Nurmansjah hanya mendapat satu suara dari luar PKS.

Menurut dia, hal itu bisa terjadi lantaran para anggota dewan memilih berdasarkan instruksi dari pengurus pusat partai masing-masing.

“Jadi saya melihat kemungkinan seperti itu karena dampak di tingkat nasional. PKS kan sendirian jadi oposisi,” ucapnya.

Anak buah Prabowo, Riza Patria memperoleh sebanyak 81 suara sehingga ditetapkan sebagai Wagub terpilih menggantikan Sandiaga S Uno di kursi wakil gubernur. Legislator Gerindra di DPR RI itu akan menjadi pendamping Gubernur DKI Anies Baswedan hingga 2022.

Penetapan Wakil Gubernur DKI Terpilih dilakukan di DPRD DKI, Senin (6/4/2020) setelah Riza memenangi pemungutan suara. Riza memperoleh sebanyak 81 suara, sedangkan Nurmansjah Lubis yang menjadi pesaingnya hanya mengantongi 17 suara.

Adapun dua suara dinyatakan tidak sah. “Berdasarkan hasil penghitungan suara, ditetapkan saudara Riza Patria menjadi wakil gubernur terpilih sisa jabatan 2017-2022,” kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi saat memimpin sidang setelah pemungutan suara.

Prasetyo Edi juga mengucapkan selamat kepada politikus Gerindra yang baru saja terpilih sebagai wakil gubernur DKI. Selanjutnya, DPRD DKI akan melaporkan hasil pemilihan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *