Settia

Pentas Jaranan Jadi Magnet Wisata Budaya Kota Blitar

 

EDITOR.ID, PENTASBlitar, Pemerintah Kota Blitar, secara rutin akan melaksanakan kegiatan pentas seni, khususnya kesenian jaranan di kota Blitar.

Acara digelar sebagai upaya untuk memberi ruang bagi pelaku seni atau kelompok jaranan agar terus bisa eksis dan mendapat tempat untuk menyalurkan karya seni mereka.

Tri Iman Prasetyono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, saat ditemui di kantornya, mengatakan, untuk Sabtu kemarin tanggal 08 Februari 2020 malam ada 12 kelompok jaranan yang tampil, sementara untuk Minggu tanggal 09 Februari 2020 siang ada 13 kelompok jaranan yang tampil.

Untuk selanjutnya nanti Sabtu tanggal 15 Februari 2020 malam diagendakan 12 kelompok jaranan, dan Minggu tanggal 16 Februari 2020 siang dijadwalkan 13 kelompok jaranan.

Sesuai jadwal, untuk Sabtu malam, acara dimulai pukul 19.15 WIB dan untuk Minggu siang dimulai pukul 10.00 WIB. Panitia menyediakan waktu 15 menit bagi setiap kelompok jaranan untuk tampil dan memamerkan kreasi musik dan tari mereka ke penonton.

Secara khusus agenda ini merupakan acara eksebisi, bukan acara festival, sehingga tidak memperebutkan hadiah, piala atau penghargaan baik dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan maupun Paguyuban Kelompok Jaranan (Pakoja) Kota Blitar.

“Ini upaya kita untuk memberi wadah kelompok jaranan agar mereka bisa tampil dan eksis di tempat yang bagus dan ditonton banyak orang. ” Jelas Iman (drl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *