Settia

Pemain Liga Utama Norwegia Resmi Bela Timnas Garuda Usai Sandang Status WNI

Shayne Pattynama: Ayah di Atas Sana Sedang Melihat ke Bawah Sini dan Pasti Bangga

Jakarta, EDITOR.ID, Timnas Indonesia kini mendapatkan tambahan pemain naturalisasi baru. Namanya Shayne Pattynama. Pemain klub Viking FK yang berkompetisi di Liga Utama Norwegia Eliteserien.

Ia kini menyusul rekan naturalisasi lainnya yakni Sandi Walsh dan Jordi Amat akan memperkuat benteng pertahanan Timnas Indonesia. Hal itu terjadi usai Shayne membaca sumpah sebagai Warga negara Indonesia (WNI) dihadapan pejabat Kementrian Hukum dan HAM.

Pemain dengan nama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama itu merupakan pesepakbola kelahiran Lelystad Belanda 11 Agustus 1998 (24 tahun). Shayne yang merupakan pemain dengan posisi bek kiri memiliki kesempatan untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam kompetisi Piala Asia 2023.

Dengan mata yang memerah dan berkaca-kaca menunjukkan ekspresinya setelah mengingat almarhum ayahnya, Shayne Pattynama akhirnya resmi resmi menyandang status menjadi WNI seusai diambil sumpahnya pada Selasa (24/1/2023) petang.

Dia sempat menyebut ayahnya bangga di atas sana karena dirinya telah mewujudkan cita-cita menjadi seorang Warga Indonesia.

Dengan suara dan penyampaian yang begitu emosional, Shayne Pattynama menjelaskan bahwa dirinya sangat senang dan bangga bisa menjadi WNI.

Dia bercerita, bahwa ayahnya, almarhum Henry Eliza Juriaan Pattynama, dari dahulu memang sangat ingin agar putranya bermain untuk Indonesia.

“Saya sangat bangga dan bahagia menjadi orang Indonesia. Ayah saya yang ada di atas sana sekarang sedang melihat ke bawah sini, dan pasti bangga kepada saya,” ucapnya dengan mata berkaca-kaca.

Shayne resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Pemain sepak bola keturunan Belanda telah melaksanakan sumpah janji setia WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Selasa.

Pengukuhan dan pengambilan sumpah setia tersebut dilakukan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Khuldun menindaklanjuti Keputusan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2022 tanggal 23 Desember 2022 tentang Pengangkatan Warga Negara Republik Indonesia.

Pengambilan sumpah setia Shayne juga disaksikan oleh Ketua PSSI Mochamad Iriawan.

“Saya sangat senang dan merasa sangat bangga menjadi warga negara Indonesia. Saya ingin langsung bermain untuk Timnas Indonesia, ingin bertemu dengan rekan setim di Timnas Indonesia, saya tidak sabar untuk itu,” kata Shayne kepada wartawan.

Meski sudah mengucap sumpah menjadi WNI di kantor wilayah Kemenkum HAM DKI Jakarta di Cawang, Jakarta Timur, Shayne tidak bisa langsung mengantongi KTP dan paspor Indonesia.

Menurut Ketua Umum PSSI M Iriawan yang mendampingi Shayne Pattynama dalam pengambilan sumpah, proses pengurusan KTP dan paspor akan dimaksimalkan dalam dua hari ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *