Settia

Misi Balas Dendam

Ambisi STY Hapus Rekor Jeblok Lawan Vietnam: Saatnya Menang!

Surabaya, EDITOR.ID,- Motivasi punggawa Garuda muda untuk menaklukkan Vietnam sangat besar. Tak hanya pemain, bahkan pelatih Shin Tae Yong juga berambisi besar ingin mengalahkan The Golden Star karena beberapa kali pertemuan Timnas Indonesia sering gagal.

Sehingga dalam laga penuh gengsi ini, Timnas Indonesia tak sekadar bertarung habis-habisan untuk bisa meraih tiket lolos ke Final Piala Asia U-20 2023, tapi juga pembalasan Dendam Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae Yong berambisi menghapus rekor jeblok saat menghadapi Vietnam di semua kompetisi. Pelatih asal Korsel ini berharap akan mengukir rekor manis di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Selama menangani Timnas Indonesia, Shin Tae Yong tak pernah menang atas Vietnam di semua kelompok umur. Total empat pertandingan seluruh kelompok usia sudah dipimpin Shin Tae Yong. Dua di antaranya berakhir imbang dan dua laga lainnya berujung kekalahan.

Kekalahan pertama Timnas Indonesia arahan Shin Tae Yong terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Juni 2021 lalu. Kala itu Indonesia kalah 0-4 dari Vietnam.

Kekalahan kedua STY dari Vietnam terjadi di SEA Games 2021. Saat itu Timnas U-23 kalah 0-3 dari Vietnam. Dua pertemuan lainnya, Indonesia vs Vietnam berakhir imbang.

Menanggapi statistik tersebut, STY percaya diri bisa memperbaiki rekornya saat melawan Vietnam.

“Saya percaya diri saja ini waktunya kita menang lawan Vietnam,” ujar Shin Tae Yong yang ditemui di Surabaya, Sabtu (17/9/2022).

Kendati demikian, peracik strategi asal Negeri Ginseng itu tak mau membocorkan strateginya untuk mengalahkan Vietnam. Ia enggan mengungkapkan Indonesia akan bermain total menyerang atau memilih menunggu dan mengandalkan serangan balik.

“Pastinya itu semua tergantung situasi, ada waktunya kita menekan ada waktunya juga kita turun untuk bertahan. Jadi kita tetap mempersiapkan tim agar bisa menerapkan permainan kita sendiri,” ujar Shin.

Racikan Shin Tae Yong pada punggawa Timnas Indonesia U-20 punya prospek dan talenta luar biasa. Garuda mampu tampil apik dalam dua laga yang sudah dilakoni di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Skuad Garuda Nusantara meraih enam poin hasil dua kali menang, mencetak sembilan gol, dan hanya sekali kebobolan.

Sayangnya, Vietnam juga memiliki pencapaian yang sama persis dengan Timnas Indonesia U-20. Situasi itu membuat peta persaingan menuju juara Grup F yang mana mendapatkan tiket lolos langsung ke Piala Asia U-20 2023 menjadi sangat berat.

Laga Indonesia vs Vietnam akan menjadi penentu juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Indonesia saat ini berada di puncak meski sama-sama mengemas poin dan selisih gol yang sama dengan Vietnam.

Leave a Reply