Settia

Menanti Ketangguhan Witan dkk Hadapi “Pemain Eropa” Curacao

Debut Sejumlah Pemain Baru Timnas yang Langsung Akan Berhadapan Tim Tangguh Peringkat 84 FIFA

Jakarta, EDITOR.ID,- Pertemuan Timnas Indonesia Vs Curacao pada FIFA Matchday menjadi laga paling menantang Witan Sulaeman dkk. Betapa tidak, dari 23 pemain Curacao yang dibawa ke Indonesia, 14 di antaranya bermain di Eropa.

Bahkan ada Juninho Bacuna yang musim ini membela Birmingham City di kompetisi kasta tertinggi Liga Inggris.

Sementara Garuda Nusantara diisi pemain-pemain yang mayoritas berusia muda. Bahkan ada debut baru yang belum pernah mencicipi bermain di Timnas. Mampukah Garuda Nusantara memenangi laga atau minimal mengimbangi permainan Curacao.

Duel pertama akan digelar malam ini Sabtu (24/9/2022) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Jika skuad Garuda mampu memenangi laga tersebut maka akan berpeluang meningkatkan poin dalam penghitungan ranking dunia FIFA.

Saat ini Timnas Indonesia berada di peringkat ke-155. Sementara lawan punya peringkat 84 FIFA. Nyaris bumi dan langit, berjarak peringkat 71 negara.

Tiga Debut Baru di Timnas Senior

Demi sebuah harapan meraih poin sekaligus meningkatkan kualitas tim, Shin Tae Yong memanggil pemain-pemain yang sudah menjadi langganan membela tim senior seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani, dan Pratama Arhan.

Pelatih 51 tahun itu juga masih mempercayakan Fachruddin Wahyudi Aryanto sebagai pemain senior sebagai teladan bagi anak asuhnya di lapangan dan di ruang ganti. Meski begitu Shin Tae Yong juga menyediakan ruang bagi wajah-wajah anyar.

Dalam daftar 23 pemain yang dipanggil oleh Shin Tae Yong, terdapat beberapa pemain yang belum pernah membela Timnas Indonesia senior. Pelatih asal Korea Selatan itu ingin memberi kesempatan bagi pemain untuk menambah pengalaman.

Berikut tiga pemain yang bisa debut di Indonesia vs Curacao:

1. Muhammad Ferarri

Muhammad Ferarri merupakan salah satu andalan Timnas Indonesia U-19 dalam beberapa kompetisi terakhir. Bek 19 tahun itu bahkan dipercaya sebagai kapten.

Ferarri mencatat debut bersama Timnas Indonesia U-19 di ajang Toulon Cup 2022. Ia kemudian memimpin rekan-rekannya di ajang Piala AFF U-19 2022.

Meski berposisi bek tengah, Ferarri tak segan-segan melakukan overlap untuk memperbesar kemungkinan mencetak angka. Kemampuan itu terbukti menghasilkan gol penentu kemenangan Skuad Garuda Nusantara.

Pemain Persija Jakarta itu mencetak dua gol dalam kemenangan 5-1 Indonesia atas Myanmar di Piala AFF U-19 2022. Ia kembali menunjukkan kualitasnya sebagai pemain top di Kualifikasi Piala Asia U-20 saat mencetak gol dalam kemenangan 3-2 kontra Vietnam.

Leave a Reply