Settia

Jokowi : Orang Muda Akan Membawa Semangat Baru di Dunia Politik

Joko Widodo menjamu Ketua Umum PSI Grace Natalie, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono dan Ketum Perindro Hary Tanoesoedibjo dengan santap siang di Istana Bogor. (Biro Pers Setpres/Intan).

EDITOR.ID, Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie, Ketum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo, dan Ketum PKPI Diaz Hendropriyono.

Pertemuan dengan ketiga pimpinan parpol yang sudah menyatakan dukungannya kepada Jokowi di Pilpres 2019 itu dilaksanakan di Istana Bogor sembari makan siang. Jokowi mengunggah foto pertemuan tersebut di Instagram miliknya, Sabtu (28/7/2018).

Presiden Jokowi mengunggah pertemuannya dengan ketiga partai politik yang Ketua Umumnya rata-rata berusia muda tersebut di akun instagramnya.

“Saya bertemu dan bersantap siang hari ini dengan tiga di antara mereka: Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum PSI Grace Natalie dan Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, sebut #Jokowi.

Dalam unggahan akun Instagramnya, Jokowi juga menyatakan kekagumannya terhadap ketiga ketua umum parpol yang merupakan sosok orang-orang muda dan tengah berada di tampuk kepemimpinan partai.

“Orang-orang muda kini berada di level atas kepemimpinan partai. Mereka membawa pikiran, semangat dan kegairahan baru di dunia politik kita,” tulis Jokowi dalam unggahan di akun Instagram @jokowi.

“Saya bertemu dan bersantap siang hari ini dengan tiga di antara mereka,” lanjut Jokowi yang mengenakan kemeja khasnya warga putih.

Jokowi mengatakan makan siang itu juga diselingi obrolan santai yang membahas bangsa dan negara. “Dari mereka, saya banyak mendengar informasi tentang bangsa dan negara dari sudut pandang politisi muda,” katanya.

“Kami menikmati nasi soto daging, omelet karang dan jamur, rempeyek kacang dan jus buah seraya ngobrol di teras Istana Bogor,” kata Jokowi menambahkan komentarnya.

Senin (23/7/2018) lalu, Jokowi juga mengundang enam ketua umum partai politik partai pendukung pemerintah ke Istana Bogor untuk menyantap makan malam.

Pertemuan itu juga ia bagikan melalui akun Twitter resmi Presiden Joko Widodo.

Dalam foto tersebut tampak Jokowi duduk bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang duduk berdampingan dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Di sisi lain ada Ketua Umum NasDem Surya Paloh yang duduk berdampingan dengan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang dan Romahurmuziy.

“Bersama para tokoh bangsa, ketua-ketua partai, menanti hidangan gurame goreng kipas, toge ikan asin, sampai minuman bandrek susu kelapa, sambil berbincang-bincang.

Masalah-masalah bangsa tak akan bisa dipikirkan dan diselesaikan hanya oleh satu dua orang sahaja,” tulis akun Twitter @jokowi.

Hasil dari pertemuan jamuan makan malam di Istana Bogor itu disepakati nama cawapres yang akan diusung oleh partai koalisi Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang.

“Koalisi sudah bulat, (nama cawapres) sudah di tangan Presiden. Mengerucut ke satu nama,” ujar Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, seusai pertemuan di Istana Presiden Bogor.

Oesman yakin jika dalam waktu satu atau 2 minggu ke depan Jokowi akan mengumumkan nama tersebut.

“Mungkin (diumumkan) dalam satu-dua minggu ini, supaya enggak simpang siur,” imbuhnya.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hatarto menambahkan, partai politik koalisi pendukung Jokowi menyerahkan ke Jokowi sendiri mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengumumkan cawapresnya. (tim)

Leave a Reply