Settia

Inilah Daftar Laksamana Bintang Tiga Kandidat Suksesor Yudo Margono

Pengamat militer Asri Hadi mengungkapkan, jika mendasarkan nama-nama yang kini menyandang pangkat bintang tiga, ada sembilan laksamana yang pantas atau layak untuk menduduki jabatan KSAL. Mereka punya peluang berdasarkan UU TNI.

Jakarta, EDITOR.ID,- Ada sejumlah nama perwira tinggi yang berpotensi menduduki jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Laksamana bintang tiga itu akan jadi suksesor pasca Laksamana Yudo Margono bakal diangkat Presiden Joko Widodo menjadi Panglima TNI.

Pengamat militer Asri Hadi mengungkapkan, jika mendasarkan nama-nama yang kini menyandang pangkat bintang tiga, ada sembilan laksamana yang pantas atau layak untuk menduduki jabatan KSAL. Mereka punya peluang berdasarkan UU TNI.

“Dari sembilan Laksamana bintang tiga itu yang berpeluang adalah mereka yang memiliki rekam jejak, prestasi selama menduduki posisi pimpinan dan memiliki komunikasi yang baik dengan Presiden selaku Panglima tertinggi di tubuh TNI,” ujar Asri Hadi yang juga lulusan Monash University dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (30/11/2022)

Asri Hadi mengaku memiliki jago dari sejumlah nama laksamana yang berpeluang besar menjadi KSAL itu. Ia mendapatkan informasinya dari berbagai sumber.

“Yang jelas sosok jenderal yang akan dipercaya Presiden Jokowi memiliki track record bagus dan pernah memiliki peran besar dalam berbagai agenda nasional. Seperti diantaranya misalnya pernah sukses membantu penanganan kasus Covid-19 dan vaksinasi, atau sukses mengawal ibukota IKN, tentu ada jejak rekam para perwira tinggi itu dimata Presiden,” kata Asri Hadi.

Presiden Jokowi, lanjut Asri Hadi akan memiliki sosok perwira tinggi menjadi KSAL yang mampu menterjemahkan visi dan misinya. Seperti diantaranya Ibukota Negara (IKN), program vaksinasi, program penanganan bencana alam dan banyak lagi.

Merujuk UU TNI, Kepala Staf Angkatan diangkat dan diberhentikan oleh Presiden atas usul Panglima. Kepala Staf diangkat dari perwira tinggi aktif dari angkatan yang bersangkutan dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karier.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno sebelumnya mengatakan bahwa Presiden Jokowi bakal menyiapkan sosok yang bakal mengisi jabatan calon KSAL.

“Nanti secepatnya, tentu saja Pak Presiden sudah menyiapkan saya rasa di beberapa calon,” kata Pratikno, Senin (28/1//2022).

Perwira tinggi yang biasanya menduduki jabatan KSAL menggantikan pendahulunya merupakan jenderal bintang tiga atau berpangkat Laksamana Madya (Laksdya) atau Letjen (Mar) bila berasal dari Korps Marinir.

Perwira yang ditunjuk akan dinaikkan pangkatnya menjadi bintang empat atau Laksamana.

Saat ini, setidaknya terdapat sembilan perwira tinggi Angkatan Laut dengan pangkat bintang tiga. Usia mereka antara 55 hingga 57 tahun dan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) rentang tahun 1987-1989.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *