Settia

Inilah 14 Negara yang Sudah Lolos ke Piala Asia U-20, Termasuk Timnas

Masih tersedia dua slot kosong untuk menggenapkan jumlah partisipan Piala Asia U-20 2023 menjadi 16. Selain sembilan grup yang sudah menuntaskan laga, masih ada satu grup yang sama sekali belum bertanding yakni Grup H yang berisi Irak, Australia, India, dan Kuwait.

Jakarta, EDITOR.ID,- 14 Negara dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 yang akan berlangsung tahun depan di Uzbekistan, usai semua grup menuntaskan laga pamungkas pada Minggu, 18 September 2022. 13 negara lolos ke putaran final selain Uzbekistan yang sudah memastikan tempat sebagai tuan rumah.

Sebanyak sembilan juara grup dan empat runner up terbaik sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 merupakan salah satu dari 14 negara yang sudah mendapat tiket tampil di Uzbekistan. Arkhan Fikri dan kawan-kawan lolos ke Piala Asia U-20 2023 setelah menjadi juara Grup F.

Kemenangan atas Vietnam menyempurnakan poin Timnas Indonesia U-20 yang sebelumnya mengalahkan Timor Leste dan Hong Kong.

Selain Timnas Indonesia, negara lain yang juga tampil sebagai juara grup adalah Arab Saudi, Qatar, Jepang, Jordania, Korea Selatan, Oman, Tajikistan, dan Iran.

Sementara empat negara lain yang lolos dengan memanfaatkan jatah runner up terbaik adalah Vietnam, Kirgistan, China, dan Suriah.

Masih tersedia dua slot kosong untuk menggenapkan jumlah partisipan Piala Asia U-20 2023 menjadi 16. Selain sembilan grup yang sudah menuntaskan laga, masih ada satu grup yang sama sekali belum bertanding yakni Grup H yang berisi Irak, Australia, India, dan Kuwait.

Juara Grup H kelak dipastikan bakal lolos ke Piala Asia U-20 2023, sementara runner up Grup H harus bersaing dengan Thailand yang saat ini berada di peringkat kelima dalam ranking peringkat kedua.

Baik Timnas Indonesia U-20, Jepang, Korea Selatan, Oman, Jordania, Qatar, Tajikistan dan Iran lolos usai menjadi juara grup. Jepang menjadi juara Grup C usai mengoleksi 12 poin.

Hal itu berarti Jepang mampu melahap empat pertandingan fase grup dengan kemenangan. Padahal di Grup A berisikan lawan-lawan yang tidak enteng, seperti halnya Yaman, Palestna, Laos, dan Guam.

Kemudian Korea Selatan mampu menjadi jawara Grup E dengan koleksi sembilan poin. Korea Selatan pun menjadi satu-satunya wakil dari Grup E yang berhak lolos ke Piala Asia U-20 2023 lantaran Mongolia, Malaysia, dan Sri Lanka tak bisa mengincar lima runner-up terbaik untuk lolos.

Lalu Iran mendapatkan tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2023 usai menjuarai Grup J. Sama seperti Korea Selatan, Iran pun melahap tiga pertandingan dengan kemenangan saat melawan Kyrgyzstan, Uni Emirat Arab (UEA), dan Brunei Darussalam.

Kemudian Timnas Indonesa U-20 juga sukses lolos dari kualifikasi usai menjadi juara Grup F. Menariknya, Garuda Nusantara sejauh ini menjadi perwakilan Asia Tenggara pertama yang sukses mengamankan tiket ke Piala Asia U-20 2023.

Leave a Reply