Settia

Indonesia Vs Slovakia Ajang Unjuk Gigi Calon Naturalisasi, Rafael Tampil Impresif dan Cetak Gol

Dalam debutnya bersama Garuda muda, Rafael Struick dan Zico Jamai Soree yang baru bergabung dalam latihan Timnas Indonesia U-20 di Spanyol, mulai unjuk gigi dan menunjukkan kelasnya sebagai pemain Eropa yang memiliki kualitas mumpuni.

Jakarta, EDITOR.ID,- Laga Timnas Indonesia U-20 vs Timnas Slovakia U-20 menjadi ajang trial empat calon pemain yang akan dinaturalisasi asal Belanda. Keempat pemain itu adalah Ivar Jenner dan Justin Hubner. Dua lagi menyusul belakangan pemain di posisi penyerang yakni Rafael Struick dan Zico Jamai Soree.

Dalam debutnya bersama Garuda muda, Rafael Struick dan Zico Jamai Soree yang baru bergabung dalam latihan Timnas Indonesia U-20 di Spanyol, mulai unjuk gigi dan menunjukkan kelasnya sebagai pemain Eropa yang memiliki kualitas mumpuni.

Bahkan dalam laga melawan Slovakia ini, Rafael mencetak gol yang membuka keunggulan Timnas Indonesia U-20 dalam ajang Costa Calida Region de Murcia Football Week 2022 pada Sabtu (19/11/2022) malam WIB.

Rafael Struick Beri Harapan Timnas Akan Punya Striker Berbobot

Hanya saja satu gol itu tidak cukup karena Slovakia bisa membalikkan keadaan untuk menang 2-1 di babak kedua. Namun setidaknya Struick telah memberi harapan sebagai pemain masa depan Timnas.

Pemain ADO Den Haag itu mencetak gol dengan sebuah penyelesaian simpel di tengah penjagaan lawan. Mendapat umpan mendatar dari Dzaki Asraf, Struick melepaskan tendangan yang membuat bola menuju tiang jauh.

Kiper Slovakia Samuel Belanik tak bisa menjangkau bola. Si kulit bundar kemudian memantul dan masuk ke gawang.

Gol tersebut menjadi modal bagi Struick untuk mendapat tempat di Timnas Indonesia U-20 jika proses naturalisasinya dilanjutkan dan direstui.

Tak hanya membuat gol, Struick juga menunjukkan permainan ngotot dalam berduel dengan lawan. Pemain yang bisa menjadi penyerang sayap itu juga sempat mengirim umpan matang yang hampir berbuah gol lewat penyelesaian akhir Zico Soore.

Struick bermain 87 menit dalam laga melawan Slovakia sebelum diganti Achmad Maulana.

Menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20, pelatih Shin Tae Yong menargetkan mendatangkan tujuh pemain naturalisasi. Empat di antaranya, termasuk Struick, sudah bergabung dalam pemusatan latihan di Spanyol.

Rafael Struick Akui Bangga dan Sudah Nyetel dengan Skuad Timnas

Usai pertandingan, Struick mengatakan Timnas Indonesia U-20 mengawali laga dengan baik meski akhirnya harus menelan kekalahan dari Slovakia. “Saya pikir pertandingan dimulai dengan bagus. Kami mencetak gol, 1-0, kami menekan, sebuah energi yang bagus,” ujarnya.

“Di babak kedua itu sulit, kami berjuang. Sayangnya kami kalah,” ia melanjutkan.

Kendati harus menelan kekalahan, Struick mengaku sangat bangga bisa bermain membela Timnas Indonesia U-20 melawan Slovakia.

Leave a Reply