Garuda Tampil Menggila, Ricky Witan Evan Ezra Cetak Gol

  • Bagikan
witan sulaeman usai cetak gol foto instagram pssi
witan sulaeman usai cetak gol foto instagram pssi

EDITOR.ID, Turki,- Timnas Indonesia mulai menunjukkan performa meningkat selama berlatih di Turki. Dalam laga uji coba terakhir, Minggu (28/11/2021) malam WIB, Evan Dimas dkk berhasil meraih kemenangan besar dengan skor 4-0 atas Antalyaspor.

Pemain andalan Shin Tae Yong, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian dan Evan Dimas masing-masing mencetak satu gol untuk kemenangan Timnas di babak kedua.

Sepanjang babak pertama, anak-anak Garuda sempat mengalami kesulitan mencetak gol. Lantaran dalam laga yang berlangsung di Limak Arcardia, Turki ini pelatih Shin Tae Yong bereksperimen menurunkan komposisi pemain yang sedikit berbeda.

Ia memberikan kepercayaan kepada pemain yang selama ini belum diturunkan. Misalnya saja, Shin Tae-yong menurunkan Syahrul Trisna di posisi penjaga gawang untuk menggantikan M Riyandi.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga memasukkan beberapa pemain baru seperti Marckho Sandy, Ryuji Utomo, Edo Febriansyah, Ahmad Agung, dan Hanis Saghara sebagai starter.

Peluang Timnas Indonesia mengancam gawang Antalynaspor gagal dikonversikan gol oleh para bomber Garuda. Hasilnya, babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Di babak kedua, Shin Tae-yong melakukan sejumlah pergantian pemain. Beberapa pemain andalan seperti Ezra Walian, Ricky Kambuaya, Evan Dimas, Witan Sulaeman, dan Asnawi Mangkualam masuk.

Hasilnya, skuad Garuda langsung tampil ngegas. Ricky Kambuaya datang menjadi pemecah kebuntuan Timnas Indonesia lewat aksi individunya. Pemain Persebaya itu sukses menaklukan penjaga gawang Antalyaspor dan mencetak gol pada menit ke-54. Pecah telor, 1-0 untuk Timnas Indonesia.

Ini merupakan gol kedua Kambuaya selama Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan dan uji coba di Turki.

Satu gol sebelumnya disumbangkan Kambuaya saat Timnas Indonesia mengalahkan Myanmar 4-1.

Cuma butuh empat menit, timnas Indonesia langsung menggandakan keunggulan lewat Witan Sulaeman. Pemain Lechia GDanks, Slovakia ini menjebol gawang Antalyaspor di menit 58.

Witan juga seperti Kambuaya yang meneruskan sumbangsih golnya di pertandingan uji coba sebelumnya.

Setelahnya, timnas Indonesia tidak bisa mencetak tambahan gol hingga menit ke-81.

Kali ini giliran penyerang Timnas Ezra Walian menyumbangkan golnya. Gol Ezra berawal dari pelanggaran pemain Antalyaspor di dalam kotak penalti mereka sendiri.

Akibatnya, wasit langsung menunjuk titik putih. Sayangnya, pemain timnas Indonesia yang maju sebagai eksekutor tidak bisa menuntaskan tugasnya dengan baik. Bola berhasil ditepis oleh kiper Antalyaspor.

Namun Ezra tak mau menyia-nyiakan kesempatan ketika melihat bola liar tepisan kiper Antalyaspor. Ia langsung menyambar bola dan menceploskan ke gawang klub asal Turki itu. Gol di menit ke-81 ini merupakan gol kedua sumbangsih Ezra untuk Timnas.

Evan Dimas lantas menutup pesta gol timnas Indonesia dengan golnya pada menit ke-90, sekaligus mengakhiri laga dengan skor 4-0.

Antalyaspor adalah salah satu kesebelasan penghuni level teratas kompetisi sepak bola Turki. Saat ini Antalyaspor menempati peringkat ke-11 dan hanya berjarak dua poin dari Besiktas, salah satu klub besar di negara Eurasia tersebut.

Klub arahan Alfons Groenendijk tersebut baru saja mengemas kemenangan 3-0 dalam laga pekan ke-14 Liga Turki, Sabtu (27/11).

Kemenangan atas Antalyaspor sekaligus menutup agenda Timnas Indonesia di Turki sebagai persiapan mengikuti Piala AFF 2020 bulan Desember mendatang.

Selama di Turki, Timnas Indonesia telah melakoni 3 pertandingan uji coba yang berakhir 2 kemenangan dan 1 kekalahan.

Rinciannya. anak asuh Shin Tae-yong sempat membuka uji coba dengan takluk 0-1 atas Afghanistan. (tim)

 2,269 Total Pengunjung,  4 Pembaca Hari ini

Settia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan