Settia

Elkan Baggott Pecahkan Rekor Pemain Timnas Indonesia Pertama Tampil di Liga Satu Inggris

Di Gillingham, pesepak bola berusia 20 tahun itu mencatatkan 29 penampilan dan berhasil membuat tiga gol, dengan rincian dua gol di Liga Dua dan satu gol di Piala FA.

Jakarta, EDITOR.ID,- Elkan Baggott akhirnya ‘naik kelas’ setelah resmi berlabuh ke klub Liga Satu Inggris Cheltenham Town. Bergabungnya bek tengah Timnas Indonesia itu ke Cheltenham Town menjadikan Elkan merupakan pemain Indonesia pertama yang bermain di kompetisi Liga Satu Inggris atau League One.

Sebelum berseragam Cheltenham Town, pemain dengan tinggi 1,94 meter itu berkarier di Liga Dua bersama Gillingham FC.

Melalui laman resmi klub Jumat dini hari WIB, Cheltenham Town mendatangkan Elkan dengan status pinjaman dari Ipswich Town hingga musim 2022-2023 berakhir.

Klub berjuluk “The Robins” itu tampaknya terpincut dengan performa apik Elkan bersama Gillingham FC.

Elkan Baggott datang ke tim barunya dengan catatan apik di Gillingham, tempat dia dipinjamkan oleh Ipswich Town selama pertengahan musim awal 2022-2023.

Di Gillingham, pesepak bola berusia 20 tahun itu mencatatkan 29 penampilan dan berhasil membuat tiga gol, dengan rincian dua gol di Liga Dua dan satu gol di Piala FA.

Cheltenham pun berharap Elkan dapat menunjukkan performa terbaiknya di Liga Satu Inggris.

Klub kasta ketiga Liga Inggris itu menganggap pemain bertinggi badan 1,94 meter tersebut sebagai bek tengah bermasa depan cerah karena kerap pula memperkuat tim nasional Indonesia di beberapa laga maupun turnamen internasional.

Elkan sendiri mengaku senang bergabung Cheltenham Town.

Dia menegaskan siap berjuang mengamankan posisi inti. “Saya senang berada di sini. Saya akan melakukan yang terbaik agar kami tetap bertahan di Liga ini.”

“Tentu saya harus bekerja keras di lini pertahanan meski saya juga mau mencetak gol,” ucap Elkan.

Cheltenham Town untuk sementara duduk di peringkat ke-18 Liga Satu Inggris dengan 28 poin.

Bek Tangguh

Elkan Baggott sempat mengundang perhatian publik bola di Inggris karena sulit ditembus penyerang kenamaan klub Premier League, Wolverhampton Wanderers. Elkan tampil garang saat mengawal lini pertahanan Gillingham di babak 16 besar Piala FA.

Meski Gillingham harus mengakui keunggulan klub Premier League, Wolverhampton Wanderers. Berlaga di Molineux Stadium, Rabu (21/12/2022) dini hari WIB, Wolves selaku tuan rumah unggul dua gol tanpa balas.

Menghadapi klub Premier League tersebut, Pelatih Gillingham FC Neil Harris kembali memainkan Elkan Baggott sebagai starter.

Bek Timnas Indonesia itu mendapat kesempatan berharga menghadapi barisan penyerang Wolverhampton yang diisi Diego Costa, Goncalo Guedes, hingga Daniel Podence.

Tak cuma itu, Baggott juga satu lapangan dengan sejumlah pemain alumni Piala Dunia 2022, seperti Jose Sa, Ruben Neves, Matheus Nunes (Portugal), Raul Jimenez (Meksiko), dan Hwang Hee-chan (Korea).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *