Elkan Baggot Luar Biasa!

  • Bagikan
bek timnas indonesia, elkan baggott
bek timnas indonesia, elkan baggott

EDITOR.ID, Jakarta,- Penampilan Elkan Baggot pada laga perdananya di Timnas Indonesia sangat luar biasa. Pemain Ipswich Town itu benar-benar menunjukkan kualitasnya sebagai pemain kelas Liga Inggris.

Passing dan umpannya akurat terukur. Tampil penuh percaya diri dan tidak gugup saat menghadapi lawan. Meski Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Afghanistan dalam laga uji coba di Stadion Gloria Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021) malam WIB, Elkan Baggott tampil baik dalam debut pertamanya tersebut

Baggott bermain selama 68 menit dalam penampilan perdana bersama Tim Merah Putih. Selama berada di lapangan, pemain Liga Inggris keturunan Indonesia itu cukup mampu memberikan rasa aman untuk pertahanan Timnas Indonesia.

Baggott berduet dengan pemain Madura United, Fachrudin Aryanto di jantung pertahanan. Keduanya diapit oleh dua bek sayap yakni Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan.

Baggott sama sekali tidak terlihat gugup di laga ini. Bek tengah berpostur 194 cm itu justru bermain percaya diri dan tenang saat memulai serangan maupun saat Timnas Indonesia diserang.

Baggott minim melakukan kesalahan saat melakukan operan. Bahkan mengacu data lapangbolastats, Baggott jadi pemain Timnas Indonesia dengan persentase operan sukses terbanyak.

Baggott total melepaskan 41 operan sukses. Catatan ini jelas impresif mengingat Baggott menempati posisi sebagai seorang bek tengah.

Saat bertahan, Baggott juga jarang salah posisi dan bisa dengan baik menutup area kiri pertahanan yang sesekali ditinggalkan Arhan. Tekel yang dilakukan oleh Baggott juga terbilang akurat di laga uji coba ini.

Sayangnya debut Baggott harus berakhir prematur. Benturan dengan salah satu pemain Afghanistan di pertengahan babak kedua membuat Baggott mengalami masalah di bagian kepala.

Masalah itu yang kemudian membuat Baggott tidak bisa bermain sepanjang 90 menit. Posisi pemain berkaki kidal itu lantas digantikan oleh pemain naturalisasi, Victor Igbonefo.

Setelah Baggott keluar, gawang Timnas Indonesia yang dikawal Muhammad Riyandi harus kebobolan. Penyerang Afghanistan, Omid Popalzay membobol gawang Tim Merah Putih lewat sontekan dari jarak dekat yang membuat skor menjadi 1-0 dan bertahan hingga babak kedua usai.

Indonesia Buang Peluang

Dalam laga uji coba di Stadion Gloria Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021) malam WIB, Evan Dimas dkk sebenarnya juga sempat tampil merepotkan gawang Afghanistan. Sayangnya semua peluang yang ada gagal membuahkan gol.

Tim Merah Putih nyaris unggul 1-0 di laga ini pada menit ke-9. Umpan terobosan dari Dedik Setiawan mampu dijangkau Witan Sulaeman tetapi tendangannya dari jarak dekat berada tipis di sisi kiri gawang kiper Afghanistan.

Peluang kembali didapat Timnas Indonesia kali ini melalui Dedik pada menit ke-23. Umpan pendek yang disodorkan Witan Sulaeman diakhiri oleh Dedik dengan tendangan dari dalam kotak penalti namun masih melebar di sisi kanan gawang lawan.

Mendekati 15 menit akhir babak pertama, Afghanistan memiliki beberapa peluang untuk memberikan ancaman ke gawang Muhammad Riyandi.

Namun, disiplinnya pertahanan Timnas Indonesia yang digalang Fachrudin Aryanto dan Elkan Baggott mampu mementahkan upaya Afghanistan untuk mencetak gol.

Kondisi ini membuat tidak ada gol yang tercipta hingga akhir babak pertama laga uji coba Timnas Indonesia vs Afghanistan.

Di awal babak kedua permainan Timnas Indonesia agak kurang meyakinkan. Umpan yang tidak akurat beberapa kali dlakukan oleh Evan Dimas dkk.

Shin Tae Yong memasukkan tiga pemain pada menit ke-62. Irfan Jaya, Kadek Agung, dan Ezra Walian dimasukkan menggantikan Egy Maulana Vikri, Evan Dimas, serta Dedik Setiawan.

Semenit berselang, Afghanistan memiliki peluang untuk mencetak gol. Faystal Shayesteh coba melepaskan tembakan yang mengarah ke gawang tetapi bisa diblok oleh Asnawi Mangkualam.

Timnas Indonesia mendapatkan peluang pada menit ke-67. Umpan bola mati yang dikirimkan Kadek Agung mampu dijangkau Fachrudin tetapi sundulannya masih berada di atas mistar gawang Afghanistan.

Setelah itu Timnas Indonesia harus kehilangan Baggott yang mengalami masalah di bagian kepala. Masalah itu didapat Baggott usai berbenturan dengan pemain Afghanistan di area pertahanan tim Garuda.

Timnas Indonesia kemudian mendapatkan peluang terbaik di babak kedua. Ricky Kambuaya melepaskan tembakan keras kaki kiri yang berada tipis di samping kanan gawang Ovays Azizi.

Ezra mendapatkan peluang pertama pada menit ke-74. Dari sudut yang terbilang sempit, penyerang Persib Bandung itu melepaskan tembakan keras yang masih bisa digagalkan Azizi.

Afghanistan mendapatkan dua peluang memasuki 10 menit terakhir babak kedua. Pemain pengganti, Noraollah Amiri dan Omid Popalzay punya kesempatan untuk mencetak gol tetapi eksekusinya masih belum membahayakan gawang Riyandi.

Upaya Afghanistan untuk mencetak gol membuahkan hasil pada menit ke-85. Miskoordinasi di pertahanan membuat Popalzay bisa membobol gawang Riyandi lewat sontekan dari jarak dekat untuk membuat skor jadi 1-0. (tim)

 141 Total Pengunjung,  2 Pembaca Hari ini

Settia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan