Settia

Ekuador Imbangi Belanda 1-1, Tunda Kans De Oranje ke-16 Besar

Anak asuh Louis van Gaal mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Strategi tersebut berjalan dengan baik seusai Gakpo membuka skor pada menit 6'. Pemain PSV Eindhoven itu mencetak gol seusai memanfaatkan umpan matang Davy Klaassen.

Doha, EDITOR.ID,- Bintang penyerang Ekuador Enner Valencia bermain cantik. Valencia sukses menunda langkah Timnas Belanda melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 ketika golnya di menit ke-49 mampu menyamakan kedudukan. Padahal De Oranje -julukan Timnas Belanda sudah mengantongi kemenangan sejak babak pertama.

Di babak pertama Ekuador sempat mampu bermain impresif dan terus mengurung area pertahanan Timnas Belanda dalam duel pada matchday kedua Grup A di Khalifa International, Jumat (25/11) malam WIB.

Namun Belanda justru yang unggul terlebih dahulu melalui Cody Gakpo pada menit 6′. Sayang kemenangan yang telah dikantongi De Oranje pupus setelah di menit ke-49, Ekuador mampu mencetak gol melalui aksi Enner Valencia. Kedudukan Ekuador vs Belanda berakhir dengan skor 1-1 hingga peluit panjang dibunyikan wasit.

Anak asuh Louis van Gaal mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Strategi tersebut berjalan dengan baik seusai Gakpo membuka skor pada menit 6′. Pemain PSV Eindhoven itu mencetak gol seusai memanfaatkan umpan matang Davy Klaassen.

Gol yang dicetak pemain kelahiran 7 Mei 1999 itu menjadi gol keduanya selama Piala Dunia sejak debutnya di laga melawan Senegal, Senin (21/11/2022) lalu.

Tertinggal 0-1 membuat La Tri -julukan Timnas Ekuador- mencoba keluar menyerang pertahanan Belanda yang dikawal duet bek Virgil van Dijk dan Nathan Ake.

Ekuador sempat mencetak gol penyeimbang di akhir babak pertama melalui Pervis Estupinan. Sayang, gol tersebut dianulir seusai wasit Mustapha Ghorbal meninjau Video Assistant Referee (VAR).

Dalam tayangan ulang, tendangan keras Angelo Preciado mampu diubah arahnya oleh Estupinan sehingga berbuah gol. Namun, wasit menilai bukan Estupinan yang berada dalam posisi offside, tetapi Jackson Porozo yang dianggap menghalangi kiper Belanda, Andries Noppert.

Tidak heran keputusan tersebut dianggap aneh sehingga pemain Ekuador sempat melakukan protes keras terhadap wasit.

Pada babak kedua, Ekuador yang memburu gol penyeimbang mencoba mengurung pertahanan Belanda.

Enner Valencia menjadi tokoh protagonis di laga ini seusai mencetak gol penyeimbang pada menit 49′ seusai memanfaatkan bola muntah di depan gawang Belanda.

Satu gol tambahan Valencia di laga ini membuat namanya setara dengan Eusebio (Portugal 1966), Paolo Rossi (Italia 1982), Oleg Salenko (1994) yang telah mencetak enam gol di ajang Piala Dunia.

Mantan penyerang West Ham United itu juga untuk sementara menduduki top skor Piala Dunia 2022 dengan torehan tiga gol. Skor 1-1 membuat kedua tim tampil terbuka untuk memburu gol tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *