Settia

Anggaran Dipangkas, Jokowi Larang Perjalanan Dinas

EDITOR.ID, Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan seluruh pejabat, baik di tingkat kementerian maupun tingkat pemerintah daerah, memangkas anggaran belanja negara. Jokowi memerintahkan perangkat daerah memperbesar pemberian dana bantuan sosial ke masyarakat di tengah wabah Corona Indonesia.

“Saya perintahkan ke semua menteri, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota agar memangkas rencana belanja APBN, maupun APBD yang tidak prioritas, banyak sekali, yang tidak prioritas pangkas dulu. Anggaran-anggaran perjalanan dinas, belanja rapat-rapat, pembelian barang tidak prioritas, saya minta dipangkas. Saya perintahkan, baik di Pemda Gubernur, Wali Kota, untuk lakukan hal yang sama,” tegas Jokowi dalam rapat terbatas tentang penanganan COVID-19 yang disiarkan langsung di YouTube, Jumat (20/3/2020).

Jokowi meminta kepala daerah berfokus kepada kebijakan bantuan-bantuan yang disediakan oleh pemerintah, langsung kepada masyarakat untuk mempertahankan daya beli masyarakat.

“Banyak sekali ini yang tidak prioritas. Pangkas dulu. Anggaran perjalanan dinas, belanja rapat, pembelian barang yang tidak prioritas saya minta dipangkas,” lanjut dia.

Jokowi meminta para pejabat memperkuat penanganan bidang kesehatan dan juga memperbesar program bantuan sosial (bansos). Dia meminta semua program yang merujuk pada kepentingan rakyat segera diimplementasikan secepat mungkin.

“Kementerian dan lembaga di pusat, serta juga pemerintah daerah harus melakukan refocusing kegiatan dan melakukan realokasi anggaran untuk mempercepat penanganan COVID-19, baik yang terkait dengan isu-isu kesehatan maupun yang terkait dengan isu-isu ekonomi,” katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menterinya untuk memperketat penggunaan anggaran. Jokowi melarang adanya penggunaan anggaran untuk perjalanan dinas hingga rapat untuk sementara waktu.

Jokowi menekankan bahwa saat ini Indonesia tengah menghadapi situasi yang berbeda sehingga diperlukan tindakan yang juga berbeda termasuk dalam hal penggunaan anggaran.

“Oleh sebab itu yang paling penting menteri harus berani meng-hold anggaran-anggaran dari program-program yang ada. Menekan dari program-program yang ada,” ucap Jokowi.

Berikut Keterangan Pers Presiden RI Joko Widodo mengenai Kebijakan Pemerintah dalam Menghadapi Pandemik COVID-19

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat sore,

Salam sejahtera buat kita semuanya,

Om Swastiastu, Namo Buddhaya,

Salam kebajikan

Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, Penyebaran COVID-19 telah benar-benar memperlambat perekonomian dunia, termasuk perekonomian di negara kita Indonesia. 186 negara telah terpapar Virus Korona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *