Settia

Amal Mulia Salurkan Hewan Qurban ke Pengungsi Palestina, Korban Gempa dan Pedalaman

EDITOR.ID, Bandung – Yayasan Harapan Amal Mulia salurkan ratusan domba untuk qurban dalam perayaan Idul Adha 1439 H. Sebagian qurban disalurkan ke berbagai lokasi pengungsian warga Palestina di Turki dan Yordania. Sebagian lagi di salurkan untuk masyarakat korban Gempa Lombok dan masyarakat yang ada di pedalaman.
‘’Alhamdulillah, usai shalat Ied, kami bersama panitia qurban yang ada di Kota Zarka, Yordania telah menyembelih 89 domba untuk nanti disalurkan kepada para penjaga Al Aqsha di Kota Al Quds (Yerussalem,red),’’ungkap Delegasil Yayasan Harapan Amal Mulia, Iman Rukmana yang saat ini tengah berada di Yordania, Kamis (23/8) kepada redaksi.
Donasi qurban berupa domba juga disalurkan ke Kota Kilis, Turki. Di sini, Amal Mulia menyembelih ratusan ekor domba.
Selain menyalurkan donasi qurban ke lokasi pengungsi Palestina, Amal Mulia, demikian Yayasan Harapan Amal Mulia biasa disebut, juga telah mengirimkan donasi qurban untuk masyarakat korban Gempa Lombok.
‘’Kami ikut prihatin dengan bencana gempa yang menimpa saudara-saudara kita di Lombok. Semoga, qurban ini bisa meringankan beban mereka, terutama saat ini memang tengah mengalami kekurangan pasokan makanan,’’jelas Direktur Yayasan Harapan Amal Mulia, Vickry Rinaldi.
Amal Mulia pun menyalurkan donasi qurban ke beberapa daerah di Jawa Barat, yakni Desa Warga Saluyu dan Desa Taman Jaya, Kecamatan Gunung halu, Kabupaten Bandung Barat dan Desa Cilolohan, Kecamatan Tanjung Jaya, Kabupaten Tasikmalaya.
Warga di tiga desa ini, sudah belasan tahun tak pernah merasakan suasana qurban saat Idul Adha.
‘’Alhamdulillah, sekarang kami bisa menyembelih qurban lagi. Sudah lama sekali tidak pernah ada qurban di sini,’’jelas Apidin, warga Kampung Lembur Luhur, Desa Cilolohan, Kabupaten Tasikmalaya.
Hal serupa diungkapkan Hendra Kurnia, warga Kampung Kibodas, Desa Taman Jaya, Kecamatan Gunung Halu, KBB. Menurut Hendra, baru kali ini, ia dan warga di kampungnya kembali menyembelih qurban.
‘’Dulu, kalaupun ada, itupun ngirim dagingnya aja. Satu kresek kecil buat satu rumah. Sedangkan satu rumah ada dua sampe tiga keluarga. Itupun jarang,’’ungkap Hendra.
Hendra mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Harapan Amal Mulia yang telah mengirimkan dua ekor domba untuk qurban di kampungnya.
Dia berharap, ke depannya, penyaluran hewan qurban bisa seperti yang Amal Mulia lakukan, yakni dikirim ke daerah pedalaman.
‘’Kebanyakan daging qurban sangat banyak di daerah perkotaan. Kami yang dipedalaman, jarang tersentuh. Terimakasih Amal Mulia yang mau jauh-jauh mengirimkan dua ekor domba untuk qurban di sini,’’pungkas Hendra.(tim/bdg)

Leave a Reply