12 Warga Hilang 1 Luka Berat Bencana Banjir Bandang di Humbang Hasundutan, Sumut Jumat (1/12/2023)

Terjadi bencana banjir bandang menerjang Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Jumat (1/12) pada pukul 21.25 WIB. Pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sumatera Utara (Sumut) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Humbang Hasundutan menyatakan sebanyak 12 orang dilaporkan masih hilang hingga saat ini masih dicari keberadaannya dan seorang warga mengalami luka berat atas bencana banjir bandang tersebut.

Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, EDITOR.ID – Terjadi bencana banjir bandang menerjang Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Jumat (1/12) pada pukul 21.25 WIB.

Pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sumatera Utara (Sumut) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Humbang Hasundutan menyatakan sebanyak 12 orang dilaporkan masih hilang hingga saat ini masih dicari keberadaannya dan seorang warga mengalami luka berat atas bencana banjir bandang tersebut.

BNPB Sumut telah mendata ada 50 Kepala Keluarga (KK) yang terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman setelah rumah mereka rusak mengalami rusak berat akibat terjangan banjir bandang melanda Desa Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumut.

Laporan yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB Sumut menyatakan, petaka itu terjadi setelah sebelumnya hujan deras yang turun dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan dalam periode yang cukup lama.

Intensitas hujan yang cukup deras tersebut kemudian memicu terjadinya banjir bandang hingga membawa bongkahan batu berukuran cukup besar dibarengi oleh puing-puing dari material bangunan rumah ditambah batang pohon Serta ranting pohon yang menyatu dengan air bah bercampur lumpur.

Setelah pihak BNPB Sumut mengkaji awal untuk sementara mendata kawasan
Humbang Hasundutan yang dilanda bencana banjir bandang tersebut, secara Rupiah belum bisa dipastikan namun kerugian secara material tercatat ada 12 rumah yang mengalami rusak berat termasuk satu rumah ibadah dan satu penginapan.

Selain itu satu sekolah dasar turut terdampak dan lahan pertanian seluas kurang lebih lima hektare turut terendam banjir.

BNPB Sumut, BPBD Kabupaten Humbang Hasundutan berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional telah dibentuk sebagai tim gabungan untuk percepatan operasi pencarian dan penyelamatan korban ke 12 korban yang dinyatakan masih hilang.

Dalam upaya pencarian dan pertolongan ke 12 warga tersebut, tim khusus telah dibentuk yang terdiri dari anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Humbang Hasundutan bersama tim gabungan diperbantukan TNI-POLRI dan BNPB Sumut.

Sebagai upaya penyelamatan warga terdampak banjir bandang yang kini diungsikan ke tempat aman, pihak BPBD Kabupaten Humbang Hasundutan bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Humbang Hasundutan beserta pihak forkopimcam mendirikan tempat pengungsian sementara di Kantor Kecamatan Baktiraja.

Dapur umum juga didirikan guna memenuhi kebutuhan dasar permakanan bagi warga terdampak maupun seluruh tim yang bertugas dalam penanganan darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: