Settia

Warga Desa Sukorambi Secara Mandiri Membiayai Penyemprotan Disinfektan

EDITOR.ID, – Jember – Maraknya virus Corona atau covid-19 yang telah berjalan dua pekan ini, telah membuat banyak kalangan prihatin, bahkan di Jember sendiri telah dua orang yang telah positif Corona semakin menambah keprihatinan tersebut.

Banyak kalangan masyarakat juga ikut melakukan sosialisasi dan pencegahan dengan cara melakukan penyemprotan Disenfektan di rumah- rumah warga.

Selain di atas tersebut, kami juga mengajak warga agar mengikuti anjuran Pemerintah sesuai maklumat Kapolri, tak boleh ada warga yang berkumpul kumpul sehingga mudah bisa menyebarkan virus tersebut.Kepala Desa Sukorambi M. Soim ketika dijumpai Senin 30/3/2020.mengatakan, saya atas nama Pemerintah Desa Sukorambi melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait maraknya virus Corona atau Covid-19 ini. Bahkan saya juga menghimbau jangan sampai kontak langsung dengan warga yang baru datang dari luar kota maupun luar Negeri.

Kita siaga 1 terkait virus Corona atau Covid-19, kami lakukan sosialisasi kepada warga di beberapa titik, termasuk juga melakukan penyemprotan Desinfektan pada titik titik sentral seperti, musallah, MA, Paud, MTS dan sebagainya, termasuk kerumah warga di tiga Dusun.

” Penyemprotan ini atas biaya mandiri, untuk mencegah virus Corona tersebut, termasuk bagaimana caranya membuat Desinfektan dan cara nyemprot serta ukuran dan berapa campuran sehingga warga mengetahui semua. Bahkan banyak warga yang merasa aman dan tak takut dengan apa yang terjadi saat ini.” Tandas Soim.

Lebih lanjut Soim menerangkan, sesuai maklumat Kapolri bahwa untuk sementara tak boleh ada kegiatan yang melibatkan banyak orang, seperti pengajian, arisan , pernikahan dan lainnya agar di tiadakan dulu, karena akan menimbulkan masalah.

” Kami telah membentuk tim Satgas tingkat Desa untuk menangani kasus Corona ini dengan melibatkan BPD, LPM, Perangkat Desa, Kasun, RW dan RT untuk mendata dan mencatat agar untuk mengantisipasi . Bahkan juga kita tindak lanjuti dengan Pihak Kesehatan setempat.” Imbuhnya. Dikatakannya, pihaknya menghimbau kepada masyarakat khususnya Sukorambi, agar tetap mengikuti anjuran atau saran dari Pemerintah karena demi keselamatan bersama ikut serta mencegah penularan virus yang mematikan ini.

” Termasuk himbauan bagi warga yang baru datang dari luar kota, agar segera laporan dan cek kesehatan di Puskesmas setempat. Selain itu agar tak membuat resah warga setempat. Apabila tak mengindahkan himbauan ini sama saja dengan menciptakan virus baru bagi warga dan akan menanggung sendiri akibatnya. ( AH/ID )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *