Settia

Unik, Fakultas Kedokteran Unej Gelar Pelantikan Dokter Dari Rumah

Seorang dokter mengikuti sumpah dan pelantikan dokter baru secara online, Jumat, 27 Maret 2020. /Humas Universitas Jember

EDITOR.ID, Jember,- Ada pemandangan yang tidak biasanya terjadi saat Upacara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter bagi mahasiswa Program Profesi Dokter periode I tahun akademik 2019/2020 di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jember yang berlangsung pada Jumat (27/3/2020).

Dalam pelantikan tersebut yang hadir dilantik hanya tiga dokter muda yang baru saja lulus Pendidikan Profesi Dokter. Padahal dalam Upacara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter ada 25 lulusan dokter muda. Lantas yang 25 dokter itu ada dimana?

Ternyata para dokter muda itu mengikuti upacara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter dari rumah masing-masing.

Sedangkan ketiga dokter muda yang hadir di Gedung Serba Guna Universitas Jember hadir untuk mewakili rekan-rekan mereka 25 dokter baru lulusan Pendidikan Profesi Kedokteran.

Tahun ini Fakultas Kedokteran Universitas Jember menggelar acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter dengan metode teleconference atau video call secara online. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi Physical Distancing untuk mencegah penyebaran dan penularan virus Corona.

Selama ini Upacara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter bagi mahasiswa Program Profesi Dokter adalah peristiwa sakral, pasalnya semenjak saat itu titel dokter resmi disandang.

Tak heran jika upacara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter digelar secara khidmat dan meriah, bahkan dihadiri keluarga dan orang terkasih.

Dalam tradisinya Upacara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter bagi mahasiswa Program Profesi Dokter adalah peristiwa sakral, pasalnya semenjak saat itu titel dokter resmi disandang.

Namun kali ini pengambilan sumpah dan pelantikan dokter dilakukan secara online, maka secara fisik mereka tidak dihadirkan dalam Upacara Sumpah. Tidak ada momen peluk kasih bahkan jabat tangan sekalipun !

“Kami sepakat menyelenggarakan upacara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter baru dengan cara online. Sebab kami ingin segera terjun ke lapangan untuk bahu membahu menangani Covid-19,” tegas dr. M. Iqbal Hermawan, salah satu dokter muda yang pada hari itu dilantik di Gedung Serba Guna UNEJ.

Menurut Iqbal, di tengah pandemi virus corona atau covid-19, sumpah dan pelantikan dokter di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jember (Unej), Jumat 27 Maret 2020, dilangsungkan secara online atau daring.

Iqbal hari itu mewakili dokter muda beragam Islam. Ia menjadi salah satu dari tiga perwakilan dokter baru yang hadir di ruang serbaguna FK Universitas Jember untuk disumpah dan dilantik oleh Dekan FK Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *