Settia

Transparansi Ala Ahok

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Sumber Foto: tiktak.id)

EDITOR.ID, Jakarta,- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tidak salah pilih mempercayakan jabatan Komisaris Utama PT Pertamina Persero kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Buktinya?

Perubahan demi perubahan terus dikerjakan Ahok untuk menjadikan Pertamina perusahaan raksasa dan pemain Migas berkelas global. Syaratnya, perusahaan ini harus punya sistem kerja yang transparan, akuntabel dan responsif. Dan ketiga hal tersebut terus dicoba dijadikan budaya di Pertamina oleh Ahok.

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok Berbincang Serius dengan Presiden Joko Widodo saat Mengunjungi Kilang Minyak Tuban, Jawa Timur (dok)

Terkini Ahok melakukan terobosan terkait transparansi pengelolaan migas. Masyarakat diajak untuk mengawasi pengelolaan migas perusahan BUMN tersebut.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan Pertamina terbuka menerima masukan dari berbagai pihak agar dapat menjalankan tugasnya mengelola dan melayani penyediaan energi secara akuntabel dan transparan.

“Dengan segala upaya transparansi ini, Pertamina berharap semakin meningkatkan kepercayaan dan dukungan publik terhadap Pertamina sehingga pelayanan optimal Pertamina dapat terus dirasakan oleh masyarakat di Indonesia” kata Fajriyah dalam keterangan tertulis, Kamis (13/2/2020).

Di awal tahun 2020, lanjut Fajriyah Pertamina semakin membuka diri terhadap segala informasi terkait pengadaan.

Di antaranya pengadaan minyak mentah dan produk hingga pengadaan kapal yang informasinya dapat diakses di website www.pertamina.com.

Menurut Fajriyah proses pengadaan di Pertamina seperti minyak mentah, produk dan kapal selama ini sudah dilakukan secara terbuka karena merupakan persyaratan untuk proses pengadaan.

Kegiatan pengadaannya sendiri dilakukan langsung oleh fungsi internal Pertamina, yaitu Integrated Supply Chain dan Procurement Excellence Center.

“Transparansi tersebut kini semakin meningkat dengan adanya informasi mengenai kapal-kapal yang telah disewa, lalu informasi mengenai jumlah dan sumber impor minyak mentah dan produk BBM yang pernah dilakukan, jumlah kuota BBM subsidi dan BBM penugasan beserta realisasi kuota per kota/kabupaten setiap bulannya,” paparnya.

Fajriyah menambahkan, apabila masyarakat ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pengadaan dan informasi – informasi lainnya tersebut.

Raih Penghargaan

Tak hanya Pertamina pusat saja yang dibenahi budaya manajemennya. Anak perusahaan yang bergerak di eksplorasi minyak mentah di hulu juga menjadi perhatian Ahok dalam membenahi Pertamina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *