Settia

Tangkap 5 Teroris di Sidoarjo, Diwarnai Baku Tembak

EDITOR.ID, Sidoarjo,- Pengejaran demi pengejaran dilakukan Tim Detasemen Khusus Anti Teror 88 (Densus 88) terhadap jaringan pengikut teroris. Dari perburuan kelompok teroris, Densus berhasil menangkap lima terduga teroris.

Dari data yang dihimpun, dalam penangkapan itu diwarnai dengan baku tembak antara pelaku dan anggota Densus 88 Antiteror.

Penangkapan dan perburuan dilakukan setelah Densus mencium kelompok terduga teroris diketahui bersembunyi di Perumahan Puri Maharani, Sukodono dan juga di Desa Urangagung, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (14/5/2018).

Tim Densus pun meluncur dan mengepung rumah diBlok A4 Perumahan Puri Maharani, Desa Masangan Wetan, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim). Rumah ini diketahui didiami Budi Satrijo, salah satu pengikut kelompok terduga teroris tersebut.

Namun ketika dikepung dan diminta menyerah, yang bersangkutan tak kunjung menyerahkan diri setelah beberapa kali diberi peringatan.

Petugas pun mengambil keputusan tegas. Budi ditembak mati guna mencegah terjadinya hal-hal tidak diinginkan.

Seorang satpam perumahan membenarkan peristiwa tersebut. Bahkan, dia mengaku sempat mendengar beberapa kali suara tembakan. “Budi sepertinya ditembak karena tidak mau menyerahkan diri,” kata penjaga keamanan yang enggan menyebutkan namanya.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto membenarkan penangkapan tersebut. Namun, Setyo masih merahasiakan identitas kelima terduga teroris.

“Benar informasinya seperti itu (soal penangkapan lima teroris di Sidoarjo),” kata Setyo kepada wartawan di Mabes Polri, Senin (14/5).

Warga Perumahan Puri Maharani sempat menyebarkan WA berbunyi sebagai berikut :

“Pagi ini terdengar tembakan di Jedong-UrangAgung Sukodono yg dilakukan oleh team Densus 88 dengan terduga teroris.

Korban 1 orang tertembak dan ditemukan 6 bom aktif.

Bagi warga sekitar d mohon berhati2 krn info susulan ada bom aktif di wilayah Masangan Wetan.

Perum Puri Maharani ditutup total krn juga ada penggrebekan yg dilakukan Densus 88.BoBombbbBBom

Pipa Ditemukan di Rumah Kontrakan Terduga Teroris

Pipa Ditemukan di Rumah Kontrakan Terduga Teroris

Tak lama berselang usai suara tembakan, sejumlah petugas merangsek masuk ke rumah Budi. Selanjutnya, tiga mobil ambulans masuk ke lokasi perumahan. Namun jumlah orang yang tewas belum dapat diketahui secara pasti. Petugas kini tengah mensterilkan area perumahan. Semua warga diminta menjauh dari lokasi kejadian.

Sementara itu, salah satu petugas dari Forkopimka Sukodono menyebutkan bahwa Budi dikenal sebagai seorang ahli elektronik. “Dia diduga sebagai penyuplai bahan dan lainnya untuk pelaku bom di Surabaya dan Sidoarjo,” ungkapnya.

Dalam operasi penangkapan itu, Densus 88 juga mengamankan beberapa bahan peledak aktif dari tempat tersebut. Saat ini, polisi masih terus melakukan pemeriksaan soal tersebut.

Diketahui, serangkaian aksi teror terjadi di Jawa Timur. Mulai dari ledakan di tiga gereja hingga sebuah rusun yang tak jauh dari kantor polisi. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *