Settia

Sempat Dikejar Polisi, Bom Mobil Meledak di Somalia

EDITOR.ID, Bom mobil meledak di dekat pos pemeriksaan keamanan di Mogadishu, Somalia, pada Sabtu (13/2) akibatnya tiga orang dikabarkan meninggal dunia, dan delapan orang lainnya luka-luka.

“Tiga warga sipil meninggal dunia menurut informasi yang kami terima sejauh ini dan delapan orang lainnya luka-luka,” kata Abdirahman Mohamed Pejabat Keamanan setempat.

Mohamed, sebagaimana dilansir AFP menuturkan, bahwa sebelumnya polisi sudah mengejar mobil pelaku sebelum sampai ditempat ledakan. Aksi kejar-kejaran yang sempat terjadi membuat banyak orang sempat berusaha menyelamatkan diri. Sehingga hal ini mengurangi jumlah korban.

“Sehingga, benar-benar membatasi jumlah korban yang bisa ditimbulkan dari ledakan bom mobil itu,” jelasnya.

Dahir Osman, saksi mata, mengaku mendengar tembakan dan melihat kendaraan termasuk tuk-tuk roda tiga berserakan sebelum ledakan besar terjadi di luar kompleks parlemen, tak jauh dari Istana Kepresidenan Somalia.

“Saya sedang berada di gym yang dekat dengan tempat ledakan terjadi, tetapi alhamdulilah kami telah mendengar suara tembakan sebelum ledakan,” katanya.

“Suara tembakan menyiagakan banyak orang, termasuk saya. Kami melarikan diri dari daerah itu untuk berlindung sebelum kendaraan mencapai daerah tersebut, kemudian terdengar ledakan,” terang dia.

Ibu kota Somalia kerap menjadi sasaran serangan oleh kelompok Al-Shabaab yang terkait dengan Al-Qaeda dan telah melancarkan pemberontakan panjang dan kejam untuk menggulingkan pemerintah.

Kelompok sempat terusir dari Mogadishu pada 2011 silam, namun masih menguasai sebagian wilayah dari tempat mereka merencanakan dan melancarkan serangan mematikan yang sering terjadi terhadap pemerintah dan warga masyarakat. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *