Tabrakan Kereta Api Mengerikan di India 207 Tewas dan Terus Bertambah, 900 Korban Dilarikan ke RS

Kecelakaan Kereta Api yang paling mematikan ini terjadi di Balasore, Odisha, India, pada hari Jumat (2/5/2023), hingga menewaskan 207 orang, 900 orang lainnya mengalami luka-luka

Akibat dari benturan hebat itu sejumlah gerbong rangkaian kereta Shalimar-Chennai Central Coromandel Express ikut pula terguling.

Gerbong kereta Shalimar-Chennai Central Coromandel Express yang terguling menghantam kereta barang yang berada di rel lain di dekatnya.

Menurut para saksi di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dari keterangan mereka, tabrakan itu terjadi di sebuah stasiun di kota Balasore pada Jumat (2/6/2023) malam sekitar sekira pukul 19.00 waktu setempat.

Menurut juru bicara Kereta Api India Amitabh Sharma, sebuah kereta penumpang menabrak kereta barang, dengan 10 hingga 12 gerbongnya jatuh di jalur yang berlawanan.

Beberapa waktu kemudian, kereta penumpang kedua bertabrakan dengan gerbong yang tergeletak dan tergelincir juga.

Seorang pria yang selamat mengatakan, ia tertimpa 10-15 orang ketika kecelakaan itu terjadi dan semuanya menjadi kacau.

“Saya berada di dasar tumpukan. Tangan saya terluka dan juga bagian belakang leher saya,” ujar pria itu.

“Ketika saya keluar dari gerbong kereta, saya melihat seseorang kehilangan tangan, seseorang kehilangan kaki, sementara wajah seseorang berubah bentuk,” sambungnya

Kecelakaan itu terjadi pada Jumat malam di Odisha, sebuah negara bagian di India timur, dan melibatkan tiga kereta api, menurut Kepala Sekretaris Odisha Pradeep Jena.

“Beberapa gerbong kereta penumpang tergelincir dalam insiden itu,” katanya seperti dikutip dari¬†ABC News, Minggu (3/6/2023).

“Korban tewas dalam kecelakaan kereta api meningkat,” imbuh Jena di media sosial, mencatat bahwa 207 orang tewas dan sekitar 900 lainnya luka-luka dalam kecelakaan tersebut, menurut laporan dari Organisasi Bantuan Khusus, yang menangani manajemen bencana di negara bagian tersebut.

Dari jumlah korban tewas, kecelakaan kereta tersebut merupakan yang paling mematikan di India sejak lebih dari 10 tahun. Direktur Jenderal Pemadam Kebakaran Odisha Sudhanshu Sarangi mengatakan telah menemukan 207 jenazah.

Sekretaris Utama Odisha Pradeep Jena mengatakan, jumlah korban tewas diperkirakan terus bertambah seiring proses evakuasi yang masih berlangsung.

Saat ini pihak berwenang masih fokus pada upaya penyelamatan para korban.

Catatan kecelakaan Kereta Api yang terjadi di India

Jaringan kereta api India yang luas memiliki infrastruktur yang menua dan perawatan yang buruk.

Korban tewas dari kecelakaan hari Jumat telah melampaui kecelakaan terkenal pada 2016, salah satu kecelakaan yang paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir.

Saat itu, lebih dari 140 orang tewas ketika kereta api tergelincir di negara bagian Uttar Pradesh utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: