Setelah Pencarian Korban Bertambah 14 Meninggal 56 Luka Berat

  • Bagikan
tim sar gabungan berusaha mengevakuasi jenazah korban di reruntuhan foto antara
tim sar gabungan berusaha mengevakuasi jenazah korban di reruntuhan foto antara

EDITOR.ID, Lumajang,- Setelah tim gabungan Basarnas, TNI-Polri, BPBD Lumajang dan relawan melakukan pencairan warga yang terjebak di lokasi terdekat erupsi Gunung Semeru, ditemukan korban bertambah.

Berdasarkan data yang tercatat di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), korban meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru terus mengalami penambahan.

Tercatat hingga Minggu (5/12/2021) pukul 18.00 WIB terdapat 14 orang meninggal dunia. Sementara itu, terdapat 56 orang luka-luka. Mereka dievakuasi dari lokasi terdekat dari Gunung Semeru yang terjebak di sungai aliran lahar panas dan awan tebal yang menutupi lokasi tempat tinggal mereka.

Pelaksana tugas (Plt) Pusat Data dan Informasi BNPB, Abdul Muhari menyampaikan, 56 orang yang terdampak korban luka terdiri 35 orang luka berat dan 21 orang mengalami luka ringan.
Mereka mendapat perawatan di sejumlah rumah sakit di sekitar Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Korban luka berat di RS Dokter Haryoto 8 orang, RSUD Pasirian 16 orang, RS Bhayangkara 3 orang. Puskesmas Penanggal 8 orang, total 35. Luka ringan 21 orang, Sehingga korban luka 56 orang,” kata Muhari dalam konferensi pers, Minggu (5/12/2021).

Muhari menjelaskan, terdapat penyesuaian data korban terdampak erupsi Gunung Semeru. Hal ini setelah pihak BNPB turun langsung ke lokasi terdampak bencana.

“Ini kurang dari rilis tadi siang yang 69 orang, yang 56 orang ini informasi langsung Kepala BNPB di lapangan,” ungkap Muhari.

Dalam melakukan upaya tanggap darurat bencana, Kepala BNPB Suharyanto langsung meninjau ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, pada Minggu (5/12/2021).

Suharyanto langsung menggelar rapat koordinasi internal di Kantor Kecamatan Pasiran dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan jajaran pemerintah Kabupaten Lumajang. (tim)

 1,129 Total Pengunjung,  1 Pembaca Hari ini

Settia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan