Settia

Portugal vs Spanyol 3-3, Ronaldo Jadi Pahlawan

Ronaldo Hat-trick, Portugal vs Spanyol Berakhir 3-3 Hat-trick Cristiano Ronaldo memastikan laga Portugal vs Spanyol di Grup B PIala Dunia 2018 berakhir imbang 3-3. (Foto:NBC NewYork)

EDITOR.ID, Sochi,- Pertarungan big match Grup B Piala Dunia 2018 antara Portugal vs Spanyol berlangsung seru dan dramatis. Sepanjang pertandingan kedua tim saling mencetak gol. Ada enam gol yang disarangkan dalam laga ini.

Meski di babak pertama Portugal unggul 2-1 namun Spanyol di babak kedua berhasil membalikkan keadaan. Pertarungan dua raksasa sepak bola Eropa itu akhirnya berakhir imbang 3-3.

Dalam pertandingan ini Cristiano Ronaldo jadi pahlawan timnya. Hat trick nya mampu menyelamatkan Portugal dari kekalahan.

Bertanding di Fisht Olympic Stadium, Sochi, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB, kedua tim mengawali laga dengan tempo cepat. Portugal bisa memimpin lebih dulu di babak pertama 2-1.

Baru tiga menit laga berjalan, Portugal mendapat penalti setelah Ronaldo dilanggar Nacho di kotak terlarang. Ronaldo yang menjadi eksekutor, tak membuang kesempatan itu untuk mengecoh kiper David De Gea dan membawa Portugal unggul 1-0.

Tertinggal membuat Spanyol tersentak. Perlahan tapi pasti serangan La Furia Roja yang digalang Andres Iniesta dan David Silva mulai mengancam Portugal. Di menit kesembilan, Silva melepaskan tendangan ke gawang Portugal. Namun upayanya masih melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-21, sebuah serangan balik cepat dilakukan Portugal. Namun Goncalo Guedes yang mendapat pengawalan gagal memaksimalkannya.

Di menit ke-24, Spanyol akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Diego Costa bisa menghadapi dua kawalan bek Portugal, sebelum melepaskan tendangan keras mendatar yang merobek gawang Rui Patricio.

Skor imbang membuat Spanyol bersemangat. Beberapa kali juara Piala Dunia 2010 itu mengancam lewat aksi Isco, Silva, dan Iniesta.

Tapi Portugal yang mengandalkan serangan balik kembali menghukum Spanyol. Di menit ke-44, Ronaldo kembali membobol gawang De Gea, setelah sepakan mendatarnya dari luar kotak penalti gagal dibendung dengan baik. Portugal memimpin 2-1 atas Spanyol hingga istirahat.

Di babak kedua, kedua tim bermain lebih hati-hati. Spanyol yang lebih banyak menguasai bola, berupaya merangsek ke pertahanan Portugal yang cukup kewalahan.

Pada menit ke-55, upaya Spanyol membuahkan hasil. Lewat skema tendangan bebas, Silva mengirim bola ke depan yang bisa diteruskan Sergio Busquets ke depan gawang dengan sundulan. Diego Costa kemudian mencocor bola masuk ke dalam gawang. Skor menjadi 2-2.

Hanya tiga menit berselang, Spanyol bisa membalikkan keadaan. Adalah Nacho yang membawa Spanyol berbalik memimpin 3-2. Bek Real Madrid itu melepaskan tendangan first time dari luar kotak penalti yang langsung mengirim bola masuk ke gawang Portugal.

Usai comeback, Spanyol kian mendominasi pertandingan. Sementara Portugal cukup kesulitan menembus rapat pertahanan tim Matador. Beberapa kali upaya Ronaldo dkk masuk ke kotak penalti bisa dipatahkan.

Memasuki menit ke-80, Spanyol masih terus menekan. Iago Aspas, yang masuk menggantikan Diego Costa, melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun upayanya masih bisa diamankan Rui Patricio.

Di menit ke-88, Ronaldo akhirnya menyelamatkan Portugal dari kekalahan. Tendangan bebasnya meluncur mulus masuk ke dalam gawang De Gea. Hat-tricknya memastikan laga berakhir 3-3.

Hasil ini membuat kedua tim sama-sama mengemas satu poin di Grup B, berada di bawah Iran yang mengalahkan Maroko 1-0. Selanjutnya Portugal akan menghadapi Maroko, dan Spanyol ditantang Iran. (tim)

Susunan Pemain

Portugal⁠: Rui Patricio; Cedric, Pepe, Fonte, Guerreiro; W.Carvalho, Moutinho; Fernandes (Joao Mario 68′), B.Silva (Quaresma 69′), Guedes (Silva 80′); Ronaldo.

Spanyol: De Gea; Nacho, Pique, Ramos, Alba; Busquets, Koke; Silva (Vazquez 86′), Isco, Iniesta (Thiago 70′); Diego Costa (Aspas 77′)

Leave a Reply