Settia

PAN Umumkan 9 Nama Capres 2024, Ada Ganjar dan Ada Puan

Usulan nama-nama itu dibacakan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat penutupan Rakernas di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Zulhas menyebut nama-nama ini merupakan hasil yang telah dimusyawarahkan di rakerna

Jakarta, EDITOR.ID,- Puncak hasil dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Amanat Nasional (PAN) mengumumkan 9 nama yang direkomendasikan kader-kadernya sebagai Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk Pilpres 2024 mendatang.

Usulan nama-nama itu dibacakan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat penutupan Rakernas di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Zulhas menyebut nama-nama ini merupakan hasil yang telah dimusyawarahkan di rakernas.

PAN telah melaksanakan ‘Program PAN Memilih’ untuk calon-calon kepemimpinan nasional. Mekanisme demokrasi yang dijalankan partai amanat nasional adalah melakukan penjaringan aspirasi rakyat di tingkat akar rumput melalui mekanisme partai.

“Yaitu di rapat kerja daerah (rakerda) PAN di 514 kabupaten atau kota. Prosesnya sangat demokratis. Tanpa adanya tekanan atau paksaan. Semua kader dapat mengusulkan aspirasi rakyat melalui forum rakerda,” ujar Zulkifli Hasan dalam Rakernas PAN, di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022) malam.

Ada sembilan nama calon yang akan diusung PAN dalam Pilpres mendatang. Kesembilan nama ini terbagi dalam tiga klaster yakni ketua umum partai dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), teknokrat, dan kepala daerah.

Kluster pertama usulan nama capres yang menjadi rekomendasi PAN berasal dari partai politik.

“PAN saat ini sudah berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Koalisi ini harus punya peran dalam kontestasi politik mendatang.”

“Semua ketua-ketua partai dalam KIB bisa kita dorong, baik Pak Airlangga dari Partai Golkar, Pak Suharso Monoarfa dari PPP, Ibu Puan Maharani dari PDIP Perjuangan, maupun saya dari PAN,” sebut Zulhas.

Kluster kedua, lanjut Zulhas, rekomendasi capres berasal dari unsur teknokrat.

“Kader-kader PAN dari berbagai daerah melihat sosok Menteri BUMN, Erick Thohir, untuk maju dalam Pilpres 2024,” imbuh Zulhas.

Yang terakhir yakni klaster kepala daerah. Menurutnya hal itu paling semarak diusulkan dari berbagai daerah.

“Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa,” tandasnya.

Sebelumnya, Zulhas sempat mengatakan ada 11 nama yang direkomendasikan sebagai Calon Pemimpin Nasional dari partainya. Namun dalam pidatonya di penutupan Rakernas III PAN di Istora Senayan, Jakarta, pada Sabtu (27/8/2022) malam, Zulhas mengumumkan ada 9 nama yang akan mereka usung.

Zulhas menuturkan nama-nama tersebut merupakan usulan dari daerah yang disetorkan pada saat Rakernas. Dia menyebut nama-nama itu baru sebatas usulan dari PAN yang nantinya akan dibahas kembali dengan Koalisi Indonesia Bersatu.

Leave a Reply