Pagi ini Bek Klub Italia Jay Idzes Ambil Sumpah Sebagai WNI

Pada September 2023, pemain bernama lengkap Jay Noah Idzes yang merupakan bek klub Serie B Italia Venezia itu sudah bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Bek Klub Liga Italia Jay Idzes Foto Instagram @JayIdzes

Jakarta, EDITOR.ID,- Pagi ini bek asal Belanda yang memperkuat klub Liga Italia Serie B Venezia, Jay Idzes akan menjalani pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Setelah proses naturalisasi ini diresmikan, Jay akan segera bergabung dan menambah kekuatan skuad Tim Nasional Indonesia.

Dilansir dari laman resmi PSSI, Rabu (27/12/2023), Jay Idzes baru saja tiba di Indonesia untuk menjalani proses pengambilan sumpah kewarganegaraan Indonesia pada Kamis (28/12/2023) pagi. Jay resmi dibawa ke Indonesia untuk melakukan proses administrasi.

“Saya sangat senang dan antusias menyambut hari esok. Akhirnya saya bisa menyelesaikan semua prosesnya (sumpah kewarganegaraan Indonesia). Ya, saya sangat tak sabar menunggu hari besok,” kata Jay saat tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pengambilan sumpah WNI itu akan berlangsung di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta di Jakarta Timur, mulai pukul 08.00 WIB. Jay Idzes diwajibkan hadir mengenakan jas lengkap warna hitam, dasi merah, dan kopiah.

Sebenarnya bukan hanya Jay Idzes yang diundang untuk menjalani upacara sumpah WNI, namun juga Nathan Tjoe-A-On. Hanya, pemain berusia 22 tahun tersebut berhalangan hadir karena masih ada urusan dengan klubnya Swansea City.

Pada September 2023, pemain bernama lengkap Jay Noah Idzes yang merupakan bek klub Serie B Italia Venezia itu sudah bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Proses naturalisasi Idzes pun berlangsung singkat. Pada awal Desember ini, Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi keduanya. Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan.

Jay Noah Idzes merupakan pesepak bola asal Belanda kelahiran 2 Juni 2000. Pemain tersebut merupakan keturunan Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Jay Idzes diharapkan mampu memperkokoh kekuatan lini tengah skuad Garuda dalam menghadapi babak penyisihan Piala Dunia 2026 mendatang saat menjamu Vietnam dan Irak.

Sebelum Jay, PSSI telah merampungkan naturalisasi beberapa pemain keturunan seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner.

sumber : Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: