Kupas Tuntas Penelitian Kolaborasi, UMB Bersama PERKESJA dan UKRIDA Adakan Webinar Penelitian Psikologi Kesehatan Kerja

  • Bagikan
Dokumentasi Webinar UMB, UKRIDA, PERKESJA
Dokumentasi Webinar UMB, UKRIDA, PERKESJA

EDITOR.ID – Jakarta, Webminar Penelitian Psikologi Kesehatan Kerja, diselenggarakan oleh Tim Peneliti Universitas Mercu Buana (UMB) bekerjasama dengan Himpunan Perawat Kesehatan Kerja (PERKESJA) dan Universitas Kristen KridaWacana (UKRIDA) melalui zoom virtual, Sabtu (4/11/2021)

Webinar penelitian kerjasama merupakan tindak lanjut pertemuan diskusi kelompok terpumpun(FGD) dan prapenelitian dengan menggunakan kuesioner, yang dilakukan kurang lebih 2 bulan lalu.

Tujuan penelitian kerjasama selain mempererat hubungan kerjasama sinergi UMB dengan PERKESJA dan UKRIDA, juga mengembangkan penelitian dasar (basic research) menjadi penelitian terapan (applied research).

Hubungan sinergi antara bidang keilmuan psikologi (psikologi industri dan organisasi/psikologi kesehatan kerja) dengan keperawatan/kesehatan kerja dan kedokteran kerja menjadi suatu kolaborasi lintas disiplin ilmu dan organisasi yang dapat memberikan output dan outcomes yang baik, terutama para ilmuwan/psikolog PIO, perawat kesehatan kerja, dan dokter spesialis okupasi.

Penelitian kerjasama ini diketuai oleh Dr. Antonius Dieben Robinson Manurung, M.Si dari Fakultas Psikologi UMB; anggota Tim Peneliti, Dr.dr.Yosephin Sri Sutanti, M.S., dari FKIK UKRIDA dan Tim Peneliti Dwi Agustanti, S.Kp.,M.Kep.,Sp.Kom dari PERKESJA, serta melibatkan delapan mahasiswa Fakultas Psikologi UMB yang terdiri dari Anida Zulfiani, Erza Agistara Azizah, Rizki Esa Ningrum, Putri Aliffia Nabila, Michelle Martha Sianipar, Yanisa Putri Amini, Wiedya Nabilla, dan Yessi Made Ayu Siadari.

Webinar penelitian kerjasama ini dihadiri oleh Ketua Umum PERKESJA Indonesia Ambar Wahyuningsih Roestam, SKM, MOH; serta para jajaran Dekan Fakultas Psikologi UMB Dr. Setiawati Intan Savitri, M.Si.; Wakil Dekan Fakultas Psikologi UMB Yenny, M.Psi., Psikolog.; Sekretaris PERKESJA Indonesia Dr. Henny Permatasari, M.Kep.,Sp.Kom.; Sekprodi Fakultas Psikologi UMB Dani Irmawan, S.Psi. M.Sc.; serta dihadiri oleh para kolega dosen dari Fakultas Psikologi UMB, dosen FKIK UKRIDA, anggota PERKESJA se-Indonesia dan mahasiswa UMB.

Acara Webinar diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ns. Muin, M.Kep.,Sp.Kom.

Acara selanjutnya adalah opening speech oleh Ketua Umum PERKESJA Indonesia, Ambar Wahyuningsih Roestam, SKM, MOH sekaligus membuka acara Webinar ini.

Ketua Umum menyampaikan rasa terimakasih yang tulus dan menyambut dengan gembira penelitian kerjasama antara UMB,PERKESJA, dan UKRIDA.

“Topik stres sebagai mediator kebahagiaan otentik dan kepemimpinan heroik terhadap prestasi kerja para perawat di PERKESJA pada masa pandemi Covid-19 ini sangat relevan dengan peran perawat kesehatan kerja di masa pandemi”, imbuhnya.

Selanjutnya keynote speaker disampaikan oleh Dekan Fakultas Psikologi UMB, Dr. Setiawati Intan Savitri, M.Si.

Dr. Intan memaparkan peran vital perawat sebagai garda terdepan dalam kesehatan (kerja) selama masa pandemi Covid-19.

“Kita telah menghadapi pandemi selama 2 tahun dan hal ini tentunya mengubah sendi kehidupan dalam bermasyarakat, bekerja, belajar, berinteraksi sosial, dan cara mengelola psikologi dan mental kita sendiri”, imbuhnya.

Lebih jauh, Dekan Fakultas Psikologi UMB ini menekankan bahwa kita harus bertahan, beradaptasi dan menggunakan semua potensi positif yang dimiliki untuk tetap ‘resilience’.

Acara dihadiri oleh 154 peserta yang tergabung dalam PERKESJA se-Indonesia, dosen dan mahasiswa UMB, serta dosen FKIK UKRIDA.

Acara dipandu oleh Putri Aliffia Nabila dan dimoderatori Rizki Esa Ningrum.

Webinar diisi 3 (tiga) narasumber yang diawali oleh pemaparan materi Ketua Bidang Diklat PERKESJA Indonesia, yang membawakan topik “Sharing Kondisi Kesehatan Kerja Perawat Indonesia di Masa Pandemi Covid-19”.

Dilanjutkan dengan pengantar penelitian oleh Anida Zulfiani (UMB).

Setelah pengumpulan data melalui teknik google form, diteruskan pemaparan materi oleh Ketua Tim Peneliti, Dr. Antonius Dieben Robinson Manurung, M.Si. dengan topik “Stres sebagai Mediator Kebahagiaan Otentik dan Kepemimpinan Heroik terhadap Prestasi Kerja para Perawat di Himpunan Perawat Kesehatan Kerja pada Masa PandemiCovid-19”.

Paparan selanjutnya oleh Anggota Tim Peneliti, Dr.dr.Yosephin Sri Sutanti, M.S., Sp.Ok, dengan topik “Stres pada Perawat di Tempat Kerja pada Masa Pandemi Covid-19”.

Penelitian ini masih akan berlanjut dengan diseminasi hasil penelitian dan publikasi ilmiah.

Adapun implikasi praktis dari penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh penting kebahagiaan otentik dan kepemimpinan heroik sebagai upaya peningkatan prestasi kerja dengan stres sebagai mediator, dan diterapkannya implikasi psikologi kesehatan kerja terkait urgensi stres, kebahagiaan otentik dan kepemimpinan heroik sebagai upaya peningkatan prestasi kerja dengan stres sebagai mediator.

Acara ini berlangsung selama 3 (tiga) jam dan diakhiri dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada ketiga nara sumber dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Yessi Made Ayu Siadari.

Settia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan