Kominfo Rilis IGRS, Game Online Sekarang Punya Rating!

  • Bagikan
rating game indonesia
rating game indonesia

Editor.id, Jakarta – Kementrian Komunikasi dan Informasi kini menyediakan standar peringkat pada game yaitu Indonesia Game Rating System. Rating Game disesuaikan antara konten game dengan kelompok usia pengguna game. Hal ini ditujukan untuk mengurangi dampak negatif dari game daring pada pengguna usia dini.

IGRS dirancang sebagai program yang nantinya akan membuat ekosistem gim di Indonesia lebih sehat dan juga menyokong perindustrian gim di Indonesia.

“Banyaknya jenis yang bermunculan membuat orang tua harus bijak dalam memilih gim yang bisa dimainkan anak sesuai usianya. Untuk mendampingi orang tua dalam menjalankan perannya, Kementrian Kominfo telah meluncurkan IGRS. Hingga kini, Kementrian Kominfo terus menggiatkan pentingnya memainkan gim sesuai usia anak.” Ujar Koordinator Bussiness Matchmaking Kementrian Kominfo Luar Sihombing dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (30/11).

Menurut Luar, IGRS dapat memberikan informasi terkait pengklasifikasian permainan interaktif elektronik (PIE) berdasarkan kategori gim dan usia pengguna. Rating Game dalam IGRS nantinya diharapkan bisa menjadi acuan bagi orang tua untuk merekomendasikan gim yang bisa dimainkan oleh anaknya.

IGRS mulai dengan klasifikasi umur ‘3 tahun Ke atas’, ‘7 tahun ke atas’, ’13 tahun ke atas’ hingga ‘Semua Umur’. Klasifikasi umur ditentukan dari konten dari gim yang mengandung kekerasan dan konten berbau darah dan horor.(lv)

Settia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan