Settia

Kegiatan Rutin Tahunan, Kwarcab Banyumas Gelar Pramuka Peduli Award

EDITOR. ID, Banyumas-Pramuka Peduli Award merupakan kegiatan rutin tahunan yang di gelar oleh Bidang Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Kwarcab Banyumas.

Meskipun ditengah Wabah Pandemi COVID 19 ,kegiatan tersebut tetap digelar dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan menghadirkan dua narasumber.

Dari 27 Kwartir Ranting di Kwartir Cabang Banyumas sudah mengirimkan berkas administrasi, yang diterima terakhir tanggal 11 Agustus 2020.

Dari 27 Kwartir tersebut, Tim Juri telah berhasil memilih 6 (enam) Kwartir Ranting yang sudah memenuhi persyaratan menjadi Finalis dan berkewajiban mempresentasikan makalah dihadapan Juri. 6 (enam) kwartir ranting finalis tersebut, Kwartir Ranting Gumelar, Ajibarang, Pekuncen, Sumpiuh, Tambak dan Somagede. Hal tersebut disampaikan oleh Waka VI Bidang Abdimas Amrin Makruf kepada Jurnalis Editor.id, Kamis (13/08).

Amrin Ma’ruf mengatakan peserta Pramuka Peduli Award merupakan Kwartir Ranting yang sudah mengirimkan laporan berbagai kegiatan Pencegahan Penyebaran COVID 19 yang sudah dilaksanakan di masing – masing wilayah.

“Yang bisa mengikuti kegiatan ini, setiap Kwartir Ranting di Kwartir Cabang Banyumas, baik melalui Bidang, Pramuka Peduli Kwartir Ranting, Dewan Kerja Ranting dan Unit – Unit di Kwartir Ranting,” jelas Amrin.

Sementara, Ketua Panitia Pramuka Peduli Award Ari Pringgo Aji sekaligus juri dari unsur Kwartir Cabang Banyumas mengatakan untuk kriteria penilaian antaralain mulai proses manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian dan evaluasi, kemudian inovasi kegiatan, dampak kegiatan, tingkat pertisipasi mitra Pramuka dan masyarakat dan kelengkapan administrasi kegiatan yang meliputi proposal, kepanitiaan, daftar hadir, dokumentasi baik video dan foto, publikasi melalui berbagai macam media) dan presentasi atas laporan yang sudah dibuat.

“Tujuan kegiatan adalah memberikan apresiasi atas upaya Kwartir Ranting yang ikut aktif terlibat membantu Pemerintah dalam hal Penanggulangan Bencana, khususnya Pencegahan Penyebaran Covid-19 19,” katanya

Ari menambahkan Pramuka Peduli Award ini rutin setiap tahun dilaksanakan, namun karena Pandemi Corona maka mengusung tema adalah “Berbagai Upaya Pramuka dalam Penanggulangan Bencana Pandemi COVID 19” Hal tersebut selaras dengan Tema Hari Pramuka ke-59 “kata Ari.

Lanjut Ari, Peserta mempresentasikan Kegiatannya dihadapan juri 3 juri yang berasal dari Akademisi yakni Efi Miftah Faridli, M.Pd. Dosen Univ. Muhammadiyah Purwokerto dan Unsur Praktisi Kebencanaan yakni Koordinator Tagana Kab. Banyumas sekaligus Wakil Ketua FK Tagana Jawa Tengah Ady Candra, S.IP dan Unsur Pramuka Peduli Kwarcab Ari Pringgo Aji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *