Settia

Jokowi Ingin Ulama Pimpin Bangsa

EDITOR.ID, Bogor,- Pendukung Capres Joko Widodo menegaskan pilihan Cawapres KH Ma’ruf Amin bagian dari nawaitu Jokowi menggandeng ulama menjadi pemimpin bangsa. Sebagai tokoh panutan jutaan umat muslim, ulama harus diberikan peran lebih besar sebagai orang kedua di republik ini mengacu semangat pendiri bangsa Bung Karno menjadikan tokoh religius Muhammad Hatta sebagai dwi tunggal.

Jokowi bukan tipe pemimpin yang membohongi umat. Seolah membela ulama tapi justru kenyataannya tidak memperdulikan suara ulama. Jokowi tak ingin menjadi pemimpin yang tidak memanusiakan masukan dari ulama. Ia tetap memegang teguh masukan para tokoh agama termasuk para ulama dalam menjalankan pemerintahannya.

Politikus PDI Perjuangan Maruarar Sirait menilai Jokowi memilih Ma’aruf karena menghormati ulama dan pasangan nasionalis-religius sudah tepat. Pandangan Ara ini menanggapi cemooh elite PAN yang menilai Jokowi blunder, tidak cerdik dan kena “Jebakan Batman” karena memilih KH Ma’aruf Amin, tokoh ulama kharismatik sebagai pendampingnya pada Pilpres 2019 mendatang.

Menurut Maruarar, Jokowi tidak pernah mengajarkan tim sukses, relawan, partai koalisi untuk menjebak siapapun. Dia berpandangan Jokowi berpolitik dengan tulus dan santun.

“Jokowi berpolitik tidak pernah jebak-menjebak. Kalau ada yang menganggap berhasil kena jebakan, silakan rakyat yang menilainya sendiri,” kata pria yang akrab disapa Ara usai menghadiri pelatihan kader siap guna Gerakan Pemuda Ka’bah PPP di Bogor, Sabtu (11/8/2018) malam.

Ara menilai Jokowi memilih Ketua Umum MUI sebagai cawapres karena menghargai dan menghormati ulama. Pasangan Jokowi dan Ma’aruf juga, kata Ara, merupakan paduan antara nasionalis dan religius.

“Nasionalis dan religius. Itu alasan yang sangat jelas. Jadi kita tidak merasa terjebak dan tidak mau menjebak siapapun,” kata dia.

Sebelumnya Wasekjen PAN Erwin Izharrudin menilai keputusan koalisi pendukung Jokowi memilih Ma’ruf Amin sebagai cawapresnya terkena “jebakan batman”.

Sebab, koalisi pendukung Jokowi mengira koalisi pendukung Prabowo Subianto akan memilih sosok cawapres dari kalangan ulama. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *