Irpan Haeroni Ajak Masyarakat Sadar Lingkungan, Untuk Antisipasi Datangnya Bencana Alam

img 20211214 wa0026
img 20211214 wa0026

EDITOR.ID, Kab.Bandung – Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang rawan bencana. Mulai dari banjir, longsor, bencana geologi gempa bumi, hingga gunung berapi. Kerawanan bencana ini tidak hanya karena letak Geografis Jawa Barat. Tapi juga karena prilaku oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kendati demikian, Anggota DPRD Jabar, Irpan Haeroni menyebut jika sebagian dari potensi bencana-bencana yang ada masih dapat diantisipasi, dengan dukungan semua pihak termasuk masyarakat.

“Sebenernya bencana itu selalu ada ya. Karena letak geografis banyak pegunungan kemudian banyak tanah tanah labil di saat kondisi seperti itu, banyak penebangan pohon,” ujar Irpan.

Menurut Irpan, permasalahannya bukan dari intensitas hujan saja, namun banyak faktor-faktor pendukung lainnya, diantaranya pendangkalan dan penebangan hutan yang berujung tidak bisa tertampungnya air dengan volume yang cukup besar.

“Akhinya apabila hujan besar, tanah tidak bisa lagi menampung air. Jadi langsung longsor, banjir,” sambungnya.

Irpan berharap masyarakat dapat bersama-sama mencegah potensi bencana. Seperti tidak menebang pohon sembarangan dan menanam tumbuhan yang tidak sesuai peruntukan lahan.