Settia

Inilah Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat, Perlu Dicoba Ga Sulit Kok!

Untuk itu, penting untuk seseorang melakukan cek kolesterol secara rutin. Nah anda jangan khawatir dan gelisah soal kolesterol anda. Karena sekarang ada cara atau tips untuk mencegah kenaikan kadar kolesterol jahat di darah kita.

Jakarta, EDITOR.ID,- Awas kolesterol yang tinggi menjadi pemicu penyakit kardiovaskular terutama jantung. Munculnya kolesterol jahat di dalam darah kita disebabkan oleh gaya hidup modern yang semuanya serba instan dan makanan berlemak. Beberapa faktor penyebab kolesterol antara lain kurang tidur, banyak mengkonsumsi lemak jenuh, kurang olah raga.

Kunci utama menurunkan kolesterol tinggi tentunya perlu melibatkan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Untuk itu, penting untuk seseorang melakukan cek kolesterol secara rutin. Nah anda jangan khawatir dan gelisah soal kolesterol anda. Karena sekarang ada cara atau tips untuk mencegah kenaikan kadar kolesterol jahat di darah kita.

Berikut ini kami berikan tips ampuh cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa harus ketergantungan menggunakan obat.

Kurangi Konsumsi Daging Sapi

Dalam 100 gram daging sapi, terdapat lemak total sekitar 12-42 gram dan 78-94 mg kolesterol.

Meski mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi, daging sapi sebenarnya masih menyimpan banyak manfaat untuk tubuh, seperti sumber protein, zat besi, dan vitamin yang diperlukan tubuh.

Dengan kata lain, penderita kolesterol tinggi masih boleh makan menu ini selama tidak berlebihan dan mengonsumsinya dengan cara yang tepat.

Konsumsi Minyak Zaitun

Lemak baik yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol jahat.

Maka dari itu, jika Anda gemar mengonsumsi tumisan atau makanan yang mengandung minyak, gunakanlah minyak zaitun.

Kurangi Lemak Jenuh

Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah.

Sebaiknya Anda mengurangi konsumsi produk makanan hewani, seperti daging merah, kulit ayam, mentega, keju, dan minyak goreng karena dalam produk tersebut banyak mengandung lemak jenuh.

Mengonsumsi Alpukat

Mengonsumsi alpukat bisa menjadi cara menurunkan kolesterol.

Buah alpukat mengandung vitamin K, C, B5, B6, E, dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida darah.

Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium

Mengonsumsi makanan yang tinggi magnesium terbukti bisa mengontrol kadar kolesterol.

Menurut penelitian, magnesium dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol dan bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa makanan yang banyak mengandung magnesium di antaranya tahu, tempe, pisang, kacang-kacangan, gandum utuh, sayuran hijau, ikan, sampai alpukat.

Tidur yang Cukup

Studi membuktikan, terlalu banyak atau kurang tidur sama-sama dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *