Settia

Ingat! Elektabilitas Tinggi Tak Jamin Dapat Tiket Pilpres

Nasib Ganjar, Anies, Ridwan Kamil Belum Jelas Partai Manakah yang Akan Meminang Mereka

Jakarta, EDITOR.ID,- Sejumlah tokoh dan politisi menghiasi media sebagai sosok yang punya elektabilitas tinggi dan didukung arus bawah sesuai hasil sejumlah lembaga survei. Disana urutan pertama ada nama Prabowo Subianto. Kemudian menyusul Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil hingga Sandiaga Uno.

Pertanyaannya, apakah nama-nama yang memiliki elektabilitas tinggi tersebut punya peluang besar maju sebagai Calon Presiden 2024. Apakah jika namanya masuk jajaran papan atas hasil survei otomatis bisa didukung partai politik?

Karena demokrasi kita diatur oleh Undang-Undang. Dan dalam UU yang boleh mengajukan Calon Presiden hanya partai politik. Jika merunut aturan UU maka hanya Prabowo lah yang punya peluang besar maju sebagai Calon Presiden. Selain elektabilitasnya tinggi, ia juga Ketua Umum Partai Gerindra. Ia punya tiket maju sebagai Capres 2024.

Namun jangan menganggap enteng pengaruh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia adalah King of Maker dalam pertarungan Pilpres 2024 mendatang dengan modalnya ribuan relawan pendukungnya.

Lantas bagaimana sikap Jokowi menanggapi soal Capres 2024. Siapa yang akan didukungnya?

Presiden Jokowi sejak dini sudah mengirim pesan bahwa sosok yang memiliki elektabilitas tinggi belum tentu dicalonkan sebagai capres 2024 oleh partai.

“Di konstitusi kita, di undang-undang kita, itu memang harus diusung oleh partai atau gabungan partai. Artinya apa, Bapak Ibu jangan mendukung kandidat itu sekarang,” kata Jokowi saat menghadiri Rapat Pimpinan Nasional Bravo 5, Jumat (26/8/2022).

Jokowi kemudian memberi analogi kehendak mengusung Ketua Umum Bravo 5 Fachrul Razi di Pilpres 2024 hingga Luhut. Menurut Jokowi, kehendak itu belum tentu direstui partai politik.

Jokowi menegaskan elektabilitas tinggi seseorang bukanlah jaminan mendapat tiket pilpres. Karena itu, Jokowi meminta relawan bersabar.

“Belum tentu yang elektabilitasnya tinggi itu diajukan oleh partai atau gabungan partai. Kalau mereka nggak mau gimana. Oleh sebab itu sekali lagi ojo kesuusu,” kata Jokowi.

Inilah Sosok Elektabilitas Tinggi Tapi Tak Punya Partai

Siapa saja sosok yang selama ini elektabilitasnya tinggi, namun tak miliki posisi di partai atau bahkan bukan kader partai?

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) kekuatan kandidat bakal capres di Pilpres 2024, sosok Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil memiliki elektabilitas cukup tinggi. Namun, ketiga tokoh tak memiliki partai. Bahkan Anies dan Ridwan Kamil bukan kader partai.

Namun Ganjar Pranowo, meski kader PDIP dan elektabilitasnya tinggi. Namun Ganjar tak memiliki posisi strategis di PDIP. Sementara itu, Prabowo Subianto elektabilitasnya tinggi, masih menjadi Ketum Partai Gerindra.

Leave a Reply