Settia

Gibran Siap Maju Calon Gubernur, Tunggu Komando Bu Mega dan Pak Jokowi

Gibran mengaku siap maju jadi Cagub 2024. Namun ia menyatakan belum berkomunikasi dengan Presiden Jokowi seputar kesiapannya jika diusung menjadi calon gubernur di Pilkada 2024 mendatang.

Solo, Jawa Tengah, EDITOR.ID, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka siap meneruskan karir politiknya menuju jenjang yang lebih tinggi. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini akan maju menjadi calon Gubernur. Dua wilayah yang diincar adalah DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Gibran mengaku siap maju jadi Cagub 2024. Namun ia menyatakan belum berkomunikasi dengan Presiden Jokowi seputar kesiapannya jika diusung menjadi calon gubernur di Pilkada 2024 mendatang.

Isu yang berkembang di kalangan politisi, Gibran akan maju sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta. Namun terkait kabar ini masih menjadi hak dari Ketum PDIP Megawati yang selalu membuat kalkulasi terkait peluang untuk memenangkan kontestasi Cagub.

Gibran sendiri merasa bahwa komunikasi atau konsultasi terkait kesiapannya maju sebagai Cagub tidak harus ia lakukan bersama Jokowi.

“Konsultasi tidak harus dengan Presiden,” kata Gibran saat menjadi narasumber dalam acara Political Show di CNN Indonesia TV, Senin (23/1/2023).

Lebih lanjut, Gibran juga mengaku belum berkomunikasi atau berkonsultasi dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengenai hal tersebut.

“Belum ada pembicaraan seperti itu (dengan Megawati),” tutur Gibran.

Gibran mengaku lebih mengidolakan sosok selain Jokowi untuk berkonsultasi hal tersebut. Ia menyatakan lebih banyak berbicara dengan mantan Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Eko Sulistyo terkait politik.

“Kalau tentang politik saya lebih banyak bicara dengan Pak Eko,” katanya.

Gibran mengaku siap jika diusung menjadi calon gubernur di Pilkada 2024 mendatang. Putra Jokowi itu siap jika memang dipercaya Megawati selaku ketua umum PDIP untuk jadi calon gubernur.

“Ya saya sih siap, tapi nunggu Bu Ketua Umum dulu ya. Sekali lagi saya ini masih belajar, masih perlu banyak masukan-masukan beliau-beliau senior,” kata Gibran.

Namun Putra Presiden Joko Widodo itu menekankan pernyataan tersebut bukan berarti ia berambisi untuk menjadi gubernur.

“Bukan aku yang pengin lho ya. Saya kan ditanya, ya saya jawab, kalau ditugasi Bu Ketua Umum saya siap,” katanya.

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menegaskan pernyataan Gibran itu sudah tepat mengingat Gibran saat ini berstatus sebagai kader PDIP.

“Setiap kader partai, kalau sudah ditugasi oleh Ketua Umum tidak ada kata tidak siap. Harus siap,” katanya saat ditemui di Taman Sunan Jaga Kali, Solo, Senin (23/1/2023).

Rudy mengingatkan bahwa langkah Gibran ke depan akan sangat tergantung kepada keputusan Megawati sebagai Ketua Umum PDIP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *