Frians Sukses Racik Kopi dan Juarai Fun Brewing Competition

Dalam lomba menyeduh kopi tersebut, Frians ditantang bagaimana mampu menyeduh kopi yang masih belum diroasting. "Yang berarti kopi itu punya masalah, tapi gimana caranya kita seduh kopi itu tanpa membawa rasa yang kurang baik akibat dari kopi yang belum selesai resting atau under develop," papar Frians.

Jakarta, EDITOR.ID, Seorang anak muda inovatif Sheaffer Frians Georgio berhasil meraih juara satu dalam kompetisi Manual Fun Brewing Competition. Disini Frians ditantang talenta dan bakatnya untuk menyeduh dan meracik kopi hingga memunculkan aroma dan cita rasa tertentu.

Lomba ini menilai kemampuan peserta dalam membuat seduhan kopi bercitarasa tinggi.

“Jadi kita dikasih biji kopi yang bermasalah, karena biji kopinya belum selesai diroasting otomatis aroma dan cita rasanya belum keluar, kita ditantang bagaimana menyeduh kopi ini agar keluar cita rasanya,” ujar Frians mengenang lomba yang diikutinya.

Dalam lomba menyeduh kopi tersebut, Frians ditantang bagaimana mampu menyeduh kopi yang masih belum diroasting. “Yang berarti kopi itu punya masalah, tapi gimana caranya kita seduh kopi itu tanpa membawa rasa yang kurang baik akibat dari kopi yang belum selesai resting atau under develop,” papar Frians.

Namun tantangan ini dituntaskan Frians secara sempurna dan akhirnya meraih juara. Frians memang sudah lama menekuni dan mendalami dunia barista kopi. Ia memiliki kelebihan dalam hal meracik kopi.

Frians mampu mengenal ragam kopi Indonesia. Mulai dari jenisnya hingga ciri khas masing-masing region seperti Jawa, Bali, Sumatra, hingga Papua. Dari mengenal karakteristik biji kopi, mengenal aroma tiap jenis kopi Indonesia lewat coffee cupping, hingga mempraktekkan bagaimana meracik kopi dengan benar.

Frians mampu menyeduh kopi tersebut dengan teknik tertentu. Dengan tingkat mendidihnya air sebagai penyeduh sehingga cita rasa dan aroma kopi bisa dieksplore. Akhirnya terciptanya secangkir kopi nikmat melalui perjalanan panjang.

Kompetisi Manual Fun Brewing Competition yang diikuti Frians merupakan rangkaian acara Meracik Keberagaman Citarasa dan Aroma Kopi Indonesia dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun.

Acara ini digelar di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Bogor 30 – 31 Agustus 2022 jam 10.00 – 15.00 WIB. Selain lomba menyeduh dan meracik kopi, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti juga menyelenggarakan pameran kopi yang mengusung tema “Aroma Kopi @ Balai Kirti”.

Pameran yang diselenggarakan oleh Museum Kepresidenan RI Balai Kirti bekerjasama dengan sejumlah pihak, antara lain: Museum Tanah dan Pertanian Bogor, Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia.

Kemudian Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan Kota Bogor, Kopi Kacamata Bogor, Kopi Bajaj, Jakarta Coffee Learning, Irawan Halim-R.E.D Systema, Suji Premium Handcrafted.

Juga Teh Tirta Ayu Jawa Timur, Puslitkoka, serta seniman pelukis kopi.

Rangkaian acara dalam pameran kopi terdiri dari lomba manual fun brewing, demo dan workshop menyeduh kopi yang tepat, live music, penampilan tari dari SMPN 7 Kota Bogor, demo latte art, lukis dan sketsa menggunakan kopi, hingga seminar dan talkshow. (tim)